132 dosen yang tergabung dalam Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI) Provinsi Banten melakukan kunjungan ke Sanggar Batik Cikadu Tanjung Lesung, Minggu 22 Mei 2022.

Ketua IDRI Provinsi Banten, Achmad Rozi El Eroy mengatakan, kegiatan yang melibatkan 123 dosen dari 35 perguruan tinggi yang berada di wilayah Banten, Bogor dan Jakarta tersebut dalam rangka melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

“Kegiatan ini terkait dengan salah satu tugas dan fungsi dosen yakni melakukan pengabdian kepada masyarakat,” kata Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Primagraha tersebut.

Para dosen sedang berdiskusi terkait permasalahan di Sanggar Batik Cikadu Tanjung Lesung

Rozi menjelaskan, kegiatan tersebut juga diinisiasi untuk menyelesaikan beragam persoalan yang ada di Sanggar Batik Cikadu Tanjung Lesung.

“Saya berharap setiap dosen dari bidang kepakarannya mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang saat ini sedang dihadapi oleh Sanggar Batik Cikadu,” ujarnya.

Senada diungkapkan Ketua Yayasan Widya Wastra Nuswantara sekaligus pengelola Sanggar Batik Cikadu Tanjung Lesung, Minhatul Ma’arif. Kehadiran PKM Nasional, kata Minhatul, tentu sangat bermanfaat bagi sanggar karena banyak dosen yang dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan terkait manajemen SDM, manajemen keuangan, limbah batik, pemasaran, pengemasan, display media sosial, dan lain sebagainya.

‚ÄúSeluruh masalah yang dihadapi oleh Sanggar Batik Cikadu Tanjung Lesung akan mudah terselesaikan dengan bantuan dosen-dosen yang memiliki kemampuan dibidangnya karena mereka punya ilmunya dan faham bagaimana mengaplikasikannya,” ujarnya.

Berfoto bersama di gerbang Sanggar Batik Cikadu Tanjung Lesung

Lebih lanjut Minhatul menambahkan, Sanggar Batik Cikadu mendukung merdeka belajar dan kampus merdeka sehingga sangat terbuka bagi mahasiswa dan dosen yang mau melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dengan begitu ia berharap setelah dosen-dosen tersebut melihat langsung beragam permasalahan yang ada di Batik Cikadu, selanjutnya dapat mengirimkan mahasiswa bimbingannya untuk membatu menyelesaikan permasalahan tersebut.

Redaktur: Dendi S

Reporter: Rizal F

Facebook Comments