Kasus Pencurian Modus Jasa Towing di Pandeglang Berakhir Restorative Justice

0
99

KASUS pencurian sebuah kendaraan roda empat dengan modus menyewa jasa towing di Pandeglang, berakhir damai atau Restorative Justice (RJ).

Restorative Justice, merupakan salah satu prinsip penegakan hukum dalam penyelesaian perkara pidana. Polisi akhirnya melakukan RJ, terkait kasus tindak pidana pencurian tersebut.

Kasus pencurian kendaraan roda empat ini terjadi di wilayah hukum Polres Pandeglang, dan terungkap setelah adanya laporan dari korban pada tanggal 16 Agustus 2023 lalu.

Kasat Reskrim Polres Pandeglang, AKP Shilton, melalui Kanit Reskrim Polres Pandeglang, Iptu Sardika membenarkan, jika kasus pencurian dengan modus sewa jasa towing telah berakhir dengan Restorative Juctice.

“Memang betul, adanya musyawarah antara pelapor dengan terlapor diluar kantor Kepolisian dikarenakan masih ada hubungan keluarga. Kemudian hasil dari musyawarah tersebut dikembalikan ke kita, dan adanya permohonan mediasi. Dan berdasarkan Peraturan Polisi Nomor 8 tahun 2021, semua unsur dan syarat formil serta materil telah terpenuhi. Maka kasus ini bisa untuk di RJ kan,” katanya, Jum’at (20/10/2023).

“Syarat dari Peraturan Polisi Nomor 8 tahun 2021 itu, salah satunya pelaku bukan residivis, karena hal itu juga sebagai bahan pertimbangan kita untuk melakukan RJ,” sambung Iptu Sardika.

Menurut Iptu Sardika, RJ tersebut dilakukan dengan beberapa pertimbangan serta sudah sesuai ketentuan yang berlaku.

“Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur atau SOP, pengembalian kerugian sudah dilaksanakan secara penuh dan penggantian kerugian yang diakibatkan oleh tindak pidana sudah dilakukan. Serta kejahatan yang dilakukan bukan termasuk dalam keamanan negara, korupsi, terorisme, itu bisa di RJ kan,” ungkapnya.

Dirinya menerangkan, bahwa untuk pelaku sendiri sudah dilakukan penangguhan penahanan dan hanya disarankan untuk wajib lapor.

“Saat ini untuk pelaku sendiri ditangguhkan penahanannya, tetapi tetap kita melaksanakan sarana kontrol dengan wajib lapor sebanyak 2 kali dalam seminggu,” tutup Iptu Sardika.

Sebelumnya diberitakan, bahwa Satreskrim Polres Pandeglang telah berhasil menangkap satu pelaku pencurian kendaraan roda empat jenis Toyota Hilux yang berada disalah satu bengkel di Kadubanen, Kabupaten Pandeglang dengan modus sewa jasa towing berinisial DN (21), warga asal Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments