Kembali Bertambah, 2 Warga Pandeglang Positif Covid-19

0
756

TIM Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pandeglang kembali menginformasikan terkait dua warga pandeglang yang positif virus corona (Covid-19).

Dua warga pandeglang yang terkonfirmasi positif Covid-19 meruapakan warga Kecamatan Cadasari dan Kecamatan Labuan.

“Hari ini kami menginformasikan adanya kasus terkonfirmasi baru berjumlah dua kasus yang berasal dari Kecamatan Cadasari dan juga Kecamatan Labuan,” kata Juru Bicara Covid-19, Ahmad Sulaeman, Selasa (07/07/2020).

Untuk kasus positif Kecamatan Cadasari adalah laki-laki yang berumur 67 tahun yang bekerja di Jakarta dan bermukim di kawasan Jakarta Utara.

Pada tanggal 15 Juni warga Kecamatan Cadasari ini pulang ke Pandeglang, dan berselang selama satu minggu mengeluh sakit dengan gejala demam tinggi batuk dan sesak pada 27 Juni 2020.

“Pasien ini sempat berubah ke rumah sakit di kawasan Serang tapi hanya untuk berobat jalan, tanggal 29 Juni 2020 pasien Ini akhirnya berobat ke RSUD Berkah dan akhirnya dirawat di rumah sakit tersebut,” jelasnya.

Setelah dua hari dirawat di RSUD Berkah, dilakukan pemeriksaan swab terhadap pasien tersebut, dan dari hasil pemeriksaan swab PCR pada 6 Juli kemarin telah keluar dan ternyata hasilnya adalah terkonfirmasi positif.

Sementara itu, kasus terkonfirmasi positif asal Kecamatan Labuan adalah seorang pria yang berusia 34 tahun, di mana temuan kasus ini adalah berkat koordinasi antara gugus tugas Kabupaten Pandeglang dengan salah satu rumah sakit di kawasan Cilegon.

Sulaeman menjelaskan, bahwa warga Kecamatan Labuan ini sempat melakukan medical check up di rumah sakit tersebut, termasuk dilakukan pemeriksaan fisik dalam rangka memenuhi persyaratan kerja keluar Pandeglang.

“Pada tanggal 6 Juli 2020, Tim Gugus Tugas memperoleh informasi dari rumah sakit yang bersangkutan bahwa adanya warga Labuan yang terkonfirmasi positif covid,” terangnya.

Sebagai tindak lanjut, Tim Gugus Tugas Kabupaten berkoordinasi dengan gugus tugas yang ada di kecamatan untuk segera melakukan tracking dan juga penelusuran terhadap orang-orang yang sempat kontak dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut, baik yang berasal dari di kecamatan Cadasari atau yang berasal dari Kecamatan Labuan.

“Dengan demikian hingga hari ini tanggal 7 Juli 2020 gugus tugas penahanan Covid-19 kabupaten Pandeglang telah mencatat 15 kasus terkonfirmasi positif dengan rincian 8 sembuh, 6 orang masih dirawat dan 1 orang dinyatakan meninggal dunia,” tuturnya.

Untuk yang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat hingga hari ini adalah sebanyak 36 orang, 25 orang dinyatakan sembuh dan 11 meninggal dunia. Adapun Orang Dalam Pemantauan ada penambahan dibandingkan sebelumnya, hari ini tercatat 985 ODP dan yang masih dalam pemantauan ada 5 pasien, yang selesai sebanyak 971 pasien. Dengan jumlah kasus yang semakin bertambah, Sulaeman menghimbau agar masyarakat tetapi melakukan protokol kesehatan.

“Yang terpenting melakukan upaya pencegahan penularan penyakit Covid-19 dengan cara memakai masker, rajin cuci tangan, hindari kerumunan, lakukan melakukan jaga jarak. Semoga wabah ini segera berakhir,” pungkasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments