PRESTASI kelas dunia kembali dihasilkan oleh cabang olahraga (cabor) angkat besi Kota Serang. Seorang lifter atas nama Rizki Juniansyah mampu unjuk gigi di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Online Junior 2020 di Lima, Peru, Minggu (15/11/2020).

Saat tampil virtual di Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Angkat Besi, Mes Kwini, DKI Jakarta, Rizki keluar sebagai kampiun di kelas 73 kilogram putra setelah menyabet tiga medali emas.

Tiga medali emas diraihnya dari nomor snatch, clean and jerk, dan total angkatan.
Titel disegelnya usai mengalahkan lifter Latvia Vlad Prokofjevs yang keluar sebagai peringkat kedua dan Maksym Demchyshyn dari Ukraina yang meraih posisi ketiga.

Hasil yang dicapai lifter ini terbilang luar biasa, karena ia keluar sebagai jawara dengan selisih angkatan yang cukup jauh dari peraih medali perak dan perunggu. Dia meraih total angkatan 325 kilogram. Selisih 27 kilogram dari Vlad (288 kilogram) dan 46 kilogram dari lifter Ukraina, Maksym (279 kilogram).

Tidak sampai di situ, dirinya pun memecahkan tiga rekor dunia junior yang di antaranya ia genggam sebelumnya di kejuaraan Asia Angkat Besi Junior yang dilangsungkan di Tashkent, Uzbekistan, 13-19 Februari 2020 lalu.

Untuk menyabet tiga emas, Rizky membukukan total angkatan seberat 325 kilogram dengan rincian snatch 145 kilogram dan clean and jerk 180 kilogram. Rekor dunia remaja yang dipecahkannya adalah angkatan snatch dari 139 kilogram menjadi 145 kilogram dan clean and jerk seberat 180 kilogram yang melampaui standar rekor dunia remaja, yakni 171 kilogram dan total angkatan dari 307 kilogram menjadi 325 kilogram.

“Saya cukup senang dengan hasil yang saya capai sekarang, ini buah latihan keras selama Pelatnas. Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa yang diberikan masyarakat Indonesia dan khususnya Banten,” ujar Rizki kemarin sore.

Setelah ini, dirinya akan terus berlatih agar bisa mencapai hasil yang lebih baik, apalagi angkatannya di kejuaraan dunia kali ini masih dibawah rekor terbaiknya.

Ya, saat latihan menjelang kejuaraan, mampu mencatatkan angkatan snatch 149 kilogram, lalu angkatan clean and jerk 185 kilogram, dan total angkatan mencapai 334 kilogram.

Redaktur: Dendi S

Reporter: Fauzi

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here