Menyedihkan, Penghungi Panti Nini Aki di Pandeglang Tak Lagi Dijengkuk Keluarga

0
1010

SEBANYAK 15 lansia penghuni Panti Nini Aki Berkah milik Pemkab Pandeglang yang berlokasi di Jalan Raya Serang Km 4, Kelurahan Pagadungan, Kecamatan Karangtanjung, tidak pernah dikunjungi oleh pihak keluarga.

Empi (57), salah satu pengasuh Panti Nini Aki menyebutkan, bahwa penghuni Panti Nini Aki Berkah bukan hanya dari Kabupaten Pandeglang, tetapi ada dari Lampung, Jawa Timur, dan Tangerang.

“Pihak keluarga lansia tidak pernah ada yang ke sini, yang terdekat juga kadang-kadang. Tapi kalu donatur yang memberikan pempers atau kebutuhan lainya ada, tapi bukan keluarga dia,” ujar Empi, saat ditemui di Panti Nini Aki, Jumat (17/01/2020).

Empi mengatatakan, usia lansia yang tinggal di Panti Nini Aki bervatiatif, mulai dari 50 tahun hingga 90 tahun. Jika mengalami sakit ringan pihak panti akan menghubungi Puskesmas Pagadungan untuk mengobati. Namun jika lansia sakit parah pihak panti akan segera membawa ke RSUD Berkah Pandeglang untuk dirawat.

“Kalau lansia yang sakit ada saja, sakit darah tinggi ada tapi Alhamdulilah diobatin sama pihak puskesmas yang datang ke sini. Kalau ada yang sakit parah kita baru bawa ke rumah sakit Pandeglang,” katanya.

Saat ditanya terkait kegiatan apa saja yang dilakukan para lansia, Empi mengatakan tidak ada. Hal tersebut dikarenakan usia dan kondisi badan para lansia tidak sanggup beraktivitas. Tetapi pihak Dinas Sosial melalui pengasuh hanya mengarahkan untuk para lansia berjemur di terik matahari pagi dan membaca salawat.

“Habis mau bagaimana orang-orangnya sudah tidak bisa apa-apa. Apalagi yang mandi, maka, harus diurursin kadang-kadang kotorannya saja banyak pagi pagi,” tuturnya.

Hasim Marjuki (90), salah seorang penghuni Panti Nini Aki asal Lampung mengaku, sudah enam tahun tinggal di Panti Nini Aki. Terakhir kali ia dikunjungi keluarganya empay tahun lalu.

“Terakhir ada yang jenguk itu pas dua tahun ada di sini. Kalau dibilang betah ya bagaimana yah, tapi makan cukup, kalau uang itu juga dapat dikasih seperti relawan,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Rehab Sosial Anak dan Lanjut Usia Dinas Sosial Pandeglang, Aan Karyawan menjelaskan, dari Dinsos tidak ada program untuk lansia yang berada di Panti Nini Aki. Akan tetapi pihaknya memberikan pembinaan dari mental dan pisikolog secara keagamaan.

Adapun untuk hiburan, sering kali dari relawan atau lembaga yang sifatnya umum datang untuk menghibur dan memberikan makan atau kebutuhan untuk lansia di panti itu.

“Setiap bulan ada yang memeriksa dari tim kesehatan untuk aki nini. Kita sudah programkan itu setiap bulan, pembinaan mental, keagaam, dan kesehatn setiap bulan kita ada, dari binaan Puskesmas Pegadungan bidannya yang turun ke sana,” tutup dia.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here