Pangan Lokal Pandeglang Bisa Mendunia

0
242
Rosy Sulmawaty saat menunjukkan pangan local.(Foto : Farid/ tuntasmedia.com)

DINAS Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang akan menggelar acara diverifikasi pangan dalam lomba cipta menu kudapan pangan lokal Pandeglang. Acara ini akan diadakan Selasa (10/10) bertempat di sebuah rumah makan di Pandeglang dan acara puncak bertajuk gebyar festival kuliner di Alun-alun Pandeglang, November 2017.

Kepala Bidang Konsumsi dan Aneka Keragaman Pangan Pandeglang, Rosy Sukmawaty mengatakan, tujuan acara tersebut untuk menggali potensi makanan khas lokal Pandeglang, sebagai oleh-oleh wisatawan dan masyarakat Banten. Sementara bahan-bahannya asli dari Pandeglang non terigu.

“Para pesertanya sendiri terdiri dari Koperasi KWT, UKM binaan Ketahan Pangan Kabupaten Pandeglang. Untuk saat ini produk-produk khas pandeglang yang sudah ada yaitu keripik saledri, kue jahe, stik saledri, arenga palm sugar atau gula aren serbuk dan lainnya,” ungkap Rosy.

Ia berharap, kegiatan seperti itu mampu membantu para peserta atau pelaku usaha makanan lokal. Kata dia, juara akan diikutsertakan pada lomba tingkat Provinsi Banten pada November serta produknya menjadi oleh-oleh khas Pandeglang.

Sementara itu, Chef Ranu selaku juri kehormatan dalam acara tersebut mengatakan, kegiatan seperti itu sangat membantu para UKM untuk pengembangan kreativitas, dan juga sebagai ajang silaturahmi. Dia berharap, kegiatan cipta menu kudapan lokal ini dapat memotivasi para UKM untuk mengembangkan bakatnya, dan pangan lokal bisa dikenal luas oleh masyarakat.

Redaktur : Dendi
Reporter : Farid Wudjy

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here