Pasien Positif Covid-19 Pandeglang Bertambah, Total Jadi 13 Orang

0
39

GUGUS Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pandeglang, mencatat ada penambahan satu pasien asal Kecamatan Majasari terkonfirmasi positif Covid-19, Sabtu (04/07/2020).

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Pandeglang, Ahmad Sulaeman mengatakan, pasien dengan jenis kelamin laki-laki berusia sekitar 45 tahun itu sehari-hari bekerja di Jakarta.

“Kami informasikan adanya penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, pasien yang terkonfirmasi ini adalah seorang pria yang berusia kurang lebih 45 tahun dan bekerja sehari-hari di Jakarta,” ujar Sulaeman.

Ia menuturkan, sebelumnya yang bersangkutan pulang ke Pandeglang pada akhir Juni dari Jakarta dengan kondisi sakit. Bahkan sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang dan pada saat dirawat yang bersangkutan pasien tersebut menunjukkan gejala serupa Covid-19.

“Dengan gejala yang menonjol saat itu adalah demam dan mengalami lemas, oleh pihak keluarganya akhirnya pasien tersebut dibawa ke RSUD Berkah dan sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit tersebut,” tuturnya.

Selama dirawat di RSUD Berkah, kata Sulaeman, sempat dilakukan pemeriksaan rapid test dan juga pemeriksaan swab test. Setelah dirawat di RSUD Berkah Pandeglang keadaan pasien membaik dan akhirnya diizinkan pulang. Namun pada awal bulan Juli 2020 hasil pemeriksaan swab terhadap pasien ini keluar dan hasilnya adalah positif.

“Menindaklanjuti hasil ini maka tim Gugus Tugas Kecamatan Majasari melakukan penelusuran terhadap keluarga dari pasien tersebut, dan pada tanggal 3 Juli 2020 telah dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa anggota keluarga yang sempat kontak erat dengan pasien tersebut,” jelasnya.

Selanjutnya, pihak gugus tugas Kecamatan Majasari berkoordinasi dengan gugus tugas Kabupaten untuk melakukan evakuasi pasien tersebut menuju Wisma Atlet Jakarta untuk penanganan selanjutnya.

Dengan demikian hingga saat ini, tim Gugus Tugas Kabupaten Pandeglang mencatat 13 kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan rincian 8 orang sembuh, 4 orang masih dirawat, dan 1 meninggal dunia. Untuk yang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga hari ini secara kumulatif sebanyak 36 kasus, 25 orang sembuh dan 11 orang meninggal dunia.

Sedangkan untuk Orang Dalam Pantauan (ODP) tercatat sebanyak 983, yang masih dipantau adalah 3 orang dan yang selesai masa pemantauan adalah 971 orang. Sulaeman mengimbau, masyarakat agar tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan.

“Tetap melakukan upaya pencegahan penularan penyakit covid, lakukan dengan disiplin selalu pakai masker, cuci tangan yang teratur, hindari kerumunan, dan lakukan jaga jarak,” pungkasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here