Pengadaan Sepeda Listrik Untuk RT/RW di Pandeglang Dibatalkan

0
227

SEBELUMNYA Fraksi-Fraksi di DPRD Pandeglang yang ngotot memperjuangkan pengadaan sepeda listrik untuk RT dan RW, bahkan hingga adanya aksi dukungan dari sebagian RT dan RW agar terealisasi. Kini harapan itu kandas, atau pengadaanya tidak jadi direalisasikan.

Hal itu terjadi, akibat kondisi keuangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang telah mengalami defisit hingga mencapai sebesar Rp 217 Miliar.

Untuk menutupi defisit itulah, Pemkab Pandeglang melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Pandeglang, menerapkan skema atau langkah refocusing di tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala BPKD Pandeglang, Yahya Gunawan Kasbin menyatakan, jika Pemkab Pandeglang tak ada skema lain selain melakukan Refocusing anggaran untuk menutupi defisit sebesar Rp 217 Miliar.

“Tidak ada lagi solusinya, selain melakukan Refocusing anggaran di setiap OPD. Total Refocusing yang harus dilakukan itu 50 persen, dan saat ini baru selesai 10 OPD yang melakukan refocusing,” kata Yahya, Senin (22/5/2023).

Refocusing yang dilakukan BPKD itu mengambil dari anggaran belanja dasar di setiap OPD, dan kegiatan yang dianggap tidak urgen.

“Diambil dari belanja dasar tiap OPD, kegiatan yang tidak terlalu urgen, dan Surat Perintah Membayar (SPM)-nya tidak mewajibkan,” jelasnya.

Selain item itu, kata Yahya, yang terambil Refocusing anggaran, pihaknya juga telah menggagalkan pengadaan sepeda listrik untuk RT dan RW se-Kabupaten Pandeglang.

“Belanja sepeda sebesar Rp38 Miliar tidak jadi, meskipun belum diputuskan. Dananya akan kita gunakan untuk menutupi defisit anggaran, serta tidak ada lagi jalan selain ini diputuskan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kini giliran gelombang dukungan terhadap program pengadaan sepeda listrik yang melakukan aksi demo ke gedung DPRD Pandeglang, Kamis (18/8/2022). Dukungan itu datang langsung dari puluhan RT/RW.

Dalam aksinya, para RT/RW itu mendesak agar anggota DPRD Pandeglang menyetujui program pengadaan sepeda listrik untuk RT/RW yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang.

Salah seorang Ketua RT 01, Desa Paniis, Kecamatan Koroncong, Supardi mendesak, agar DPRD Pandeglang mendukung dan mengawal rencana pengadaan sepeda listrik dan insentif bagi RT/RW yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Kami meminta kepada DPRD Pandeglang, untuk membantu kami dalam mengawal dan merealisasikan program sepeda listrik. Selain itu, kami juga meminta kepada DPRD Pandeglang untuk mendorong peningkatan insentif RT/RW,” kata Supardi, pada Kamis (18/8/2022) lalu.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments