Perumdam Pandeglang Lakukan Optimalisasi Dua Aliran Pipa Air Bersih di Panimbang dan Pagelaran

0
82

RIBUAN warga Pagelaran dan Panimbang yang menjadi pelanggan tetap Perusahaan Daerah Air Minum (Perudam) Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang, sempat berebutan air bersih setiap harinya. Menurut Direktur Perumdam Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang, Euis Yuningsih, rebutan terjadi sebelum Perumdam melakukan optimalisasi pelayanan air bersih di Pagelaran dan Panimbang.

“Awalnya kan saling berebutan, kalau sekarang (memasuki tahun 2022) sudah masing-masing. Jadi air bersih ke Pagelaran mengalir, dan yang ke Panimbang juga mengalir,” terang Direktur Perumdam Tirta Berkah Kabupaten Pandeglang, Euis Yuningsih, Senin (24/1/12).

Euis menjelaskan, pelanggan saat ini tidak lagi saling berebutan air bersih, setelah berjalannya program optimalisasi. Di mana yang tadinya pengaliran air terhadap 485 pelanggan di Pagelaran dan 1700 pelanggan di Panimbang dilakukan secara terbatas hanya sekian jam, sekarang sudah 24 jam.

“24 jam bisa teraliri semua, karena sekarang sudah masing-masing pipanya. Alhamdulilah, untuk Pagelaran dan Panimbang sudah berjalan bagus,” ungkapnya.

Setelah program optimalisasi pengaliran air terhadap pelanggan sudah berjalan bagus, maka program selanjutnya menaikan pendapatan. Salah satunya mendorong penambahan pelanggan sebanyak mungkin.

“Kita fungsikan kembali sambungan rumah yang sebelumnya enggak aktif karena dulu enggak ada air kan. Sekarang sudah bagus,” kata Euis.

Waktu kemarin, diungkapkan Dirut Perumdam, pihaknya sudah menerjunkan tim ke bawah (ke lapangan), untuk melakukan pendataan pelanggan.

“Jadi sebelum kita tawarin pada pelanggan baru, terlebih dulu pada pelanggan lama. Alhamdulilah, ada beberapa SR (sambungan rumah) yang mau lanjut kembali pasang,” ujarnya.

Salah seorang warga Panimbang, Ahmad Saepudin mengaku, pelayanan air bersih Tirta Berkah sekarang ini sudah mulai membaik.

“Pendistribusian air bersih sudah mengalir lancar. Tidak lagi ada pembagian waktu tetapi sudah 24 jam. Jadi, kebutuhan air bersih untuk setiap harinya menjadi terpenuhi, sekalipun tidak menyiapkan tempat penampungan air bersih. Kami harapkan kondisi ini terus dipertahankan. Karena air bersih ini sangat kami butuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” singkatnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here