PMI Kekurangan Stok Darah, Anggota Polres Pandeglang Lakukan Donor

0
77

PANDEMI Covid-19 berimbas pada minimnya stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang, Banten. Hal ini dikarenakan semua kegiatan donor darah di semua wilayah dibatalkan. Akibatny stok darah di PMI Pandeglang semakin menipis.

Kepala Unit Donor Darah PMI Pandeglang, Kodiat Juarsa mengatakan, kebutuhan darah di Kabupaten Pandeglang setiap bulannya mencapai 600 kantung. Dengan adanya donor darah yang dilakukan di Polres Pandeglang diharapkan kebutuhan darah di tengah pendemi Covid-19 dapat tercukupi.

“Kebutuhan darah kita akan terpenuhi oleh para relawan yang mendonorkan darahnya seperti Polres Pandeglang dan ini sangat luar biasa. Saya ucapkan apresiasi dan juga yang sudah donor darah seperti Kodim dan Yonif 320 Pandeglang,” kata Kodiat, saat ditemui di Mako Polres Panadeglang, Senin (14/04/2020).

Untuk menjamin stok darah agar selalu tersedia, pihaknya melakukan strategi dengan memotivasi keluarga pasien yang membutuhkan darah agar mendonorkan darahnya. Artinya keluarga pasien bertukar darah dengan darah yang dibutuhkan.

“Saat pasien butuh darah dan stok darah terbatas, maka kami memotivasi keluarga untuk mendonorkan darahnya. Jadi istilahnya bertukar darah, sehingga stok dara di PMI selalu terjamin meskipun minim,” terangnya.

Lanjut Kodiat, meskipun dalam situasi Covid-19 bagaimana pun pihaknya harus memperhatikan kasus-kasus yang lain yang memang sangat membutuhkan darah, seperti para ibu bersallin, kasus DBD dan lainnya.

“Harapan saya masyrakat tetap melakukan donor darah meskipun dalam situasi Covid-19 ini. Karena memang diperlukan oleh masyarakat lain yang membutuhkan seperti yang bersalin,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Pandeglang AKBP Sofwan Hermanto mengatakan, bakti sosial donor darah ini merupakan dukungan kemanusiaan untuk PMI Pandeglang.

Selain itu, kegiatan yang dilakukan di Aula Polres Pandeglang tersebut juga merupaka persiapan untuk menghadapi Operasi Aman Nusa Dua terkait dengan pencegahan pendemi Covid-19. Pihaknya dan PMI Pandeglang bekerjasama untuk mendukung dan memberikan perilindungan serta pertolongan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan darah.

“Bakti sosial donor darah ini untuk mendukung kemanusiaan dari PMI Pandeglang yang mana setip bulannya kurang lebih membutuhkan 600 kantung darah. Namun ketersediaan per hari ini secara total golongan darah A hanya 16 katung, darah B 24 kantung, dan golongan darah O 14 kantung,” pungkasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here