Polres Pandeglang Siap Ciptakan Keamanan Pemilu 2024

0
150

POLRES Pandeglang, Polda Banten, menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota sebagai persiapan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

“Simulasi Sispamkota yang kami lakukan pada hari ini, untuk mematangkan berbagai persiapan yang sedang kami laksanakan. Dan kegiatan ini juga ditujukkan, untuk menyiapkan kita semua mengantisipasi kegiatan terburuk dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 mendatang,” ungkap Kapolres Pandeglang, AKBP Belny Warlansyah melalui Kabag Ops Polres Pandeglang, Kompol Yogie Roozandi, usai melaksanakan Sispamkota, pada Jum’at (13/10/2023).

Kompol Yogie menjelaskan, simulasi sispamkota dilaksanakan agar seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan pemilu semakin memahami fungsi, peran dan kemungkinan tindakan yang akan dilakukan jika terjadi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Walaupun kita tidak menginginkan terjadi konflik dalam pemilu, namun upaya antisipasi perlu kita lakukan dengan menggelar simulasi sispamkota ini,” terangnya.

“Simulasi sispamkota dilaksanakan, agar seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan pemilu semakin memahami fungsi, peran, dan kemungkinan tindakan yang akan dilakukan jika terjadi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat,” sambung Kompol Yogie.

Kompol Yogie mengimbau kepada seluruh personel yang terlibat, agar selalu mengikuti latihan dengan sungguh-sungguh supaya siap siaga saat dibutuhkan.

“Kami akan mengerahkan sebanyak 900 personel untuk pengamanan Pemilu 2024 nanti, yang dimulai dari tahapan hingga pelantikan kepala daerah,” ujarnya.

Sementara, Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pandeglang, Rodi Herdiana mengatakan, bahwa pihaknya berterimakasih kepada Polres Pandeglang yang telah mendukung kegiatan tahapan jelang Pemilu 2024.

“Kami mengucapkan terimakasih banyak kepada Polres Pandeglang, karena kegiatan ini benar-benar sukses dan bisa menjaga kondusifitas kaitan dengan subsesi Pemilu 2024. Mudah-mudahan ini menjadi kepentingan kita bersama dalam menjalankan semua tahapan proses Pemilu 2024 dengan baik,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, Febri Setiadi menyebut, jika dirinya mengapresiasi kegiatan Sispamkota yang dilaksanakan Polres Pandeglang.

“Saya mengapresiasi kegiatan Simulasi Sispamkota yang dilaksanakan oleh Polres Pandeglang, karena menurut kami kegiatan ini sangat penting mengingat tahapan Pemilu 2024 ini tinggal menghitung bulan dan kita berharap ketika pelaksanaan Pemilu nanti tidak ada kericuhan yang menganggu keamanan. Kami dari Bawaslu akan selalu berkoordinasi terkait daerah yang rawan keamanannya,” singkatnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments