Puluhan Pegawai Dindikbud Pandeglang Jalani Swab Test

0
37

PENCEGAHAN penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pandeglang terus dilakukan. Kali ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, menggelar swab test bagi puluhan pegawai Dindikbud.

“Ya hari ini kita lakukan swab kepada 91 pegawai di Dindikbud Pandeglang, baik PNS maupun pegawai honorer. Langkah ini sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kluster perkantoran,” kata Kepala Dindikbud Pandeglang, Taufik Hidayat, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/11/2020).

Taufik menuturkan, swab test ini sudah terjadwalkan sejak lama, namun baru terlaksana saat ini karena padatnya jadwal Dinkes Pandeglang. Menurutnya, meskipun di lingkungan Dindikbud Pandeglang tidak adanya pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan tetapi swab test ini perlu dilakukan mengingat bahayanya penularan Covid-19.

“Sebetulnya ini sudah lama terjadwal kan, karena Dinkes baru sempat maka baru terlaksana. Saat Alhamdulillah belum ada yang terkonfirmasi, dan semoga tidak ada,” tuturnya.

Ia juga menegaskan, jika nanti ditemukan ada yang dinyatakan positif dari hasil swab yang dilakukan saat ini, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Pandeglang untuk dilakukan isolasi mandiri.

“Kalau nanti ada yang terkonfirmasi Covid-19, kita serahkan kepada Satgas Pandeglang, ya mungkin dilakukan isolasi mandiri,” terangnya.

Ia mengimbau, kepada seluruh jajarannya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak melakukan perjalanan keluar daerah jika tidak ada izin dari pemerintah daerah. Jika masih ditemukan yang membandel melakukan perjalanan keluar daerah, maka pihaknya akan menindak tegas pegawai tersebut.

“Ya saya akan menindak tegas pegawai Dindikbud jika melakukan perjalanan ke luar daerah, terutama ke zona merah,” pungkasnya.

Sementara itu, Rini, petugas dari Dinkes Pandeglang mengatakan, hasil swab pegawai Dindikbud Pandeglang ini akan diterima selama 14 hari. Akan tetapi, jika di Dinkes Provinsi Banten tidak ada daerah yang mengusulkan swab maka hasil swab Dindikbud Pandeglang prosesnya akan cepat.

“Hasil 14 hari, keterlambatan dikarenakan bukan hanya dari Pandeglang saja, tapi dari berbagai daerah. Kalau di sananya kosong mungkin bisa cepat,” singkatnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here