Puluhan Warga Miskin di Banjar Bakal Terima Program BSPS

0
391

SEBANYAK 30 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Desa Mogana, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, segera menerima bantuan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah.

Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), Subhan menjelaskan, BSPS merupakan program pemerintah pusat. Kemudian program tersebut didorong ke provinsi dan didorong kembali ke masing-masing kabupaten/kota.

“Nama program ini yaitu BSPS program ini sangat bagus dari pemerintah. Maka masyarakat sekitar dan perangkat desa harus saling suport dalam hal ini, ” kata Subhan saat di temui di acara sosialisasi di Desa Mogana, Senin (22/07/2019).

Ia mengatakan, sebetulnya penerima program BSPS ini bukan hanya di Desa Mogana, tetapi juga ada 70 penerima program untuk Kecamatan Banjar yakni 30 penerima dari Desa Mogana dan 40 penerima dari Desa Kadubale, masing masing penerima mendapatkan Rp 17.500.000. Dari nominal tersebut tidak semua berbentuk uang hanya Rp 2.500.000 yang di berikan kepada penerima, dan sisanya untuk bahan material.

“Inikan bantuan semburan artinya bantuan pancingan jadi harus ada swadaya dari masyarakat,” tuturnya.

Ia berharap, program ini berjalan dengan lancar baik di Desa Mogana maupun di Desa Kadubale. Karena dari hitungan pembangunan tahapan dan prosesnya terhitung lama.

“Kalau di lihat dari presentasi antusias masyarakat sangat semangat dan mereka pun untuk dana dan swadaya sudah ada,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Mogana, Muhammad Ropik mengatakan dirinya sangat merasa bersyukur dan senang dengan adanya program BSPS ini, sehingga dapat mengurangi rumah tidak layak huni di wilayah tempatnya dinas.

“Walaupun dananya bersifat swadaya dan tidak besar, tapi saya merasa senang dengan adanya bantuan ini,” tukasnya.

“Saya merasa senang dengan adanya bantuan ini. Walaupun penerima BSPS harus punya swadaya demi telaksananya atau suksesnya program BSPS,” pungkas Ropik.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments