PWI Pandeglang Peringati HPN Dengan Menanam Pohon

0
123

PERSATUAN Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Pandeglang, Banten, berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan aksi penanaman 1.000 bibit pohon di sumber mata air Cihunjuran, Desa Cikoneng, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Selasa (20/02/2018).
Penanaman bibit pohon itu merupakan bagian dari rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Pandeglang untuk Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Cihunjuran.

Jenis bibit yang ditanam, yakni 600 batang pulai, 300 batang jabon, dan 100 batang pohon produktif, seperti rambutan, mangga, manggis, durian, dan alpukat.

Ketua panitia kegiatan, Dendi Fachreinsyah mengatakan, kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan PDAM Tirta Berkah Pandeglang dan instansi terkait, termasuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Banten yang sudah menyumbang 1.000 bibit pohon.

“Kegiatan hari ini (kemarin, red) adalah dalam rangka rangkaian peringatan Hari Pers Nasional yang pada 9 Februari lalu dipusatkan di Kota Padang, Sumatera Barat. Jika aksi menanam pohon biasanya dilakukan dalam rangka Hari Bumi, Hari Air atau hari lainnya, PWI Pandeglang mencoba berbeda dengan menanam pohon pada peringatan HPN,” ungkap wartawan Radio Republik Indonesia (RRI) Banten ini.
Sementara, Ketua PWI Perwakilan Pandeglang, Abdul Azis mengatakan, banyak pesan yang didapat dalam peringatan HPN di Padang, 9 Februari lalu.

Salah satu pesan pada peringatan HPN 2018 adalah peran wartawan tidak hanya mencegah dari berita hoaks, namun dalam aksi nyata yang bermanfaat juga terus dilakukan.

“Pandeglang merupakan daerah resapan air, salah satunya Gunung Pulosari. Saat ini gunung itu mulai gundul, untuk itu baksos 1.000 batang pohon ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Azis.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang hadir pada acara tersebut mengatakan, musibah pada dasarnya terjadi karena ulah manusia yang tidak dapat menjaga alam dan lingkungan.

“Mungkin alam sudah cape karena ulah kita. Mari kita bersinergi untuk menjaga alam kita, di antaranya penanaman 1.000 pohon untuk penghijauan, ” kata Irna.

Ia juga mengajak, seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. Dimana kali ini upaya pelestarian lingkungan tersebut dipelopori oleh insan pers.

“Jika kita akan menebang (pohon, red) harus mau menanam kembali pohon agar tidak terjadi longsor di daerah pegunungan yang saat ini mulai gundul,” ucapnya.

Selain itu, Bupati Irna juga mengajak kepada insan pers untuk menjaga stabilitas daerah dari berita hoaks. Menurutnya, peran pers sangat besar dalam rangka menciptakan optimisme publik.

“Kita bisa bersama untuk menjaga lingkungan agar lebih aman, dan lestari.” tambahnya.

Dirut PDAM Tirta Berkah Pandeglang, Ujang Sumawinata mengapresiasi, kegiatan yang dilaksanakan PWI Pandeglang. Menurutnya, kegiatan tersebut sejalan dengan upaya PDAM Tirta Berkah dalam menjaga kontinyuitas air bersih sebagai ‘nyawa’ dari perusahaan air minum.

“Ini sangat bagus. Sumber-sumber air yang saat ini ada harus dijaga agar bisa digunakan dalam jangka waktu panjang. Agar sumber air tetap mengalir tentunya perlu upaya nyata, seperti kegiatan insan pers kali ini,” uja pria yang akrab disapa Oki ini.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Dendi

Facebook Comments