Razia Gabungan di Pandeglang Sasar Penunggak Pajak

0
172

SATUAN Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Banten, Ditlantas Polda Banten, Satlantas Polres Pandeglang, dan UPTD Samsat Pandeglang, menggelar operasi gabungan yang berfokus pada pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Pandeglang, pada Kamis (29/9/2022).

Dalam kegiatan razia gabungan tersebut, terjaring puluhan pengendara yang belum melunasi pajaknya.
Kepada penunggak, petugas langsung mengarahkannya untuk membayar di gerai Samsat yang tak jauh dari lokasi operasi.

“Sementara bila yang pada saat terjaring tidak membawa uang untuk membayar pajak, maka petugas akan mencatat nama dan alamatnya serta komitmen untuk membayar dikemudian hari,” ungkap Kepala Seksi Bina PPNS pada Satpol PP Provinsi Banten, Muthi Aliyudin kepada Tuntas Media.

Dalam operasi gabungan tersebut, turut digandeng pihak dari Kepolisian. Sebab kata dia, yang berhak untuk menghentikan kendaraan bermotor adalah polisi, serta menilang jika pelanggaran SIM atau STNK.

“Selain itu, dalam kegiatan kami kali ini, masyarakat pun diperbolehkan untuk membayar tunggakan pajak,” terang Muthi.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Penerimaan dan Penagihan UPTD PPD Kabupaten Pandeglang, Agung Sugiarto menambahkan, jika petugas memeriksa seluruh surat-surat kendaraan yang digunakan pengendara.

Karena menurutnya, razia ini dilakukan, sebagai upaya untuk mengingatkan para pengendara yang lupa bayar pajak.

“Beberapa pengendara ada yang bayar pajak di tempat, tapi ada juga yang enggak. Ya kita maklumi lah, mungkin sedang tidak bawa uang,” katanya.

Menurut Agung, kegiatan tersebut akan digelar secara rutin di lokasi berbeda dengan menyasar semua jenis kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat.

“Sampai kemarin, target kita baru tercapai 60 persen lebih. Untuk itu, saya mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang belum membayar pajak kendaraan, agar segera membayarnya,” ujarnya.

Sementara, Kanit Turjawali Satlantas Polres Pandeglang, IPTU Supriyanto mengimbau, agar para pengendara selalu tertib berlalu lintas. Pihaknya juga menegaskan, akan memberi sanksi tilang bagi pengendara yang melanggar lalu lintas.

“Kita berikan surat tilang, bagi pengendara yang tidak membawa kelengkapan surat-surat kendaraan. Untuk itu, berlakulah tertib dalam berkendara dan lengkapi surat-surat kendaraan, jangan ugal-ugalan guna menjaga agar tidak terjadi kecelakaan,” singkatnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here