Selesai Verifikasi Faktual, KPU Pandeglang Umumkan Hasilnya Besok

0
214

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang selesai melakukan verifikasi faktual partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2019 dari 31 Januari hingga 1 Februari. Dalam tahapan tersebut terdapat 14 parpol yang diverifikasi, 12 parpol peserta Pemilu 2014 dan dua parpol baru, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Partai Garuda.

“Kita sudah selesai melakukan verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2019 sejak tanggal 31 kemarin. Setelah itu hasilnya akan kami plenokan besok di Kantor KPU Pandeglang,” ungkap Divisi Hukum KPU Pandeglang, Ahmad Munawar melalui sambungan telepon, Kamis (01/02/2018) malam.

Aktivis Muhammadiyah ini menjelaskan, dua parpol baru, yakni Partai Perindo dan Partai Berkarya sudah dinyatakan memenuhi syarat atau MS. Kata dia, proses verifikasi faktual dilakukan dengan cara mendatangi kantor parpol untuk memastikan keanggotaan, kepengurusan dan keterwakilan 30 persen perempuan.

“Metodenya (verifikasi faktual, red) kita yang mendatangi kantor parpol dan jika saat didatangi ada kekurangan jumlah anggota maka anggota bisa mendatangi Kantor KPU Pandeglang untuk dilakukan verifikasi. Kita malam ini menunggu sampai jam 12.00,” tukasnya.

Ketua DPD PSI Pandeglang, Rusli optimistis partainya bisa lolos verifikasi faktual dan menjadi peserta Pemilu 2019. Ia menjelaskan, saat verifikasi faktual tahap pertama terdapat 350 anggota dan pada tahap kedua menjadi 1.830 anggota atau di atas batas minimal 1.000 anggota.

“Posisi PSI aman dan kami yakin bisa menjadi peserta Pemilu 2019,” ujar Rusli.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Dendi

Facebook Comments