ANANDA Trianh Salichan terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Banten periode 2023-2028, menggantikan Ratu Tatu Chasanah. Ananda terpilih melalui Musyawarah PJSI Banten yang digelar di ruang pertemuan Pendopo Bupati Serang, Rabu (12/7/2023)

“Terima kasih atas kepercayaan teman-teman PJSI kabupaten/kota, dan ini amanah yang harus saya jalankan dengan penuh kebersamaan. Untuk meningkatkan prestasi Judo di Provinsi Banten,” ujar Ananda kepada wartawan.

Pasca terpilih, Ananda mengaku akan segera Menyusun kepengurusan sepekan ke depan. “Tentu saya harus melibatkan pengurus lama, kita butuh sinergi. Saya juga baru, perlu banyak inside dari para senior,” ujar Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Provinsi Banten ini.

Target terdekat, menurutnya, kepengurusan PJSI Banten harus mempersiapkan para atlet untuk menghadapi PON XXI di Sumatera Utara-Aceh. “Kita punya harapan, dari cabang olahraga Judo ini, Provinsi Banten bisa kembali meraih emas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PJSI Banten demisioner, Ratu Tatu Chasanah mengaku optimistis atlet judo Banten ke depan bisa meningkatkan prestasi. Apalagi Judo Banten dipimpin oleh ketua dari kalangan anak muda. “Banten punya potensi, regenerasi atlet sudah berjalan dan bisa terjadi peningkatan prestasi,” ujar Tatu.

Tatu juga yakin, regenerasi bisa dilakukan dengan melakukan pengembangan dan pembinaan atlet dari mulai tingkat sekolah.

“Dari sekolah dimulai dari kegiatan ekstrakulikuler, dan PSJI bisa langsung masuk. Sebab pada dasarnya semua bela diri baik bagi anak, selain olahraga, juga pembentukan karakter,” ujarnya.

Menurut Tatu, tantangan ke depan adalah menambah sarana prasarana untuk para atlet. “Kami tidak bisa berdiri sendiri, salah satunya tentu juga butuh anggaran. Butuh dukungan dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, agar pembinaan bisa dilakukan hingga ke bawah,” ujar Bupati Serang ini.

Wakil Ketua 1 KONI Banten, Roni Alfanto mengatakan, Judo adalah salah satu cabang olahraga yang bisa mendulang emas untuk Banten. “Salah satu andalan Banten adalah bela diri, termasuk judo. Dengan musyawarah dan tertib organisasi ini, bisa menghasilkan prestasi yang lebih,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, prestasi judo pada PON sebelumnya yakni 1 perak dan 2 perunggu. “Awalnya emas, kemudian perunggu. Terakhir perak dan perunggu. Saya yakin, di bawah kepemimpinan yang baru, judo bisa meraih emas di PON Sumut nanti,” ujarnya. ***

Redaktur: Fauzi

Reporter: Firo

Facebook Comments