UNPAD Bandung dan Pemkab Serang Bakal Jalin Kerjasama Terkait Perikanan dan Kelautan

0
15

FAKULTAS Ilmu Perikanan dan Kelautan Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung Jawa Barat bakal menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terkait perikanan dan kelautan. Kerjasama bertujuan untuk mengembangkan potensi yang di miliki Kabupaten Serang.

Hal itu terungkap Jajaran Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan UNPAD Bandung saat usai mengunjungi Pemkab Serang. Mereka di terima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Soehardjo, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan bahwa hari pihaknya menerima saat Wakil Dekan (Wadek) I Rita Rostika Wadek II Mega Lasmini Syamsudin Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan UNPAD Bandung kaitannya untuk penjajakan kerjasama antara Pemkab Serang dengan Fakultas Ilmu Perikanan dan kelautan UNPAD.

”Insya Allah dengan potensi yang di miliki oleh Kabupaten Serang ini bisa bersinergi dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNPAD Bandung,”ujarnya usai audensi di Aula KH. Syam’un pada Kamis, 19 Januari 2023.

Tujuannya, kata Entus, untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Serang khususnya di bidang perikanan dan kelautan. Dari hasil pertemuan saat ini akan di tindaklanjuti dengan penandatanganan MoU antara Pemda Kabupaten Serang dalam hal ini Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dengan Rektor UNPAD Bandung pada tanggal 30 Januari 2023 bertempat di kampus UNPAD Bandung.

”Insya Allah kita dari Pemda akan hadir ibu bupati dengan beberapa OPD terkait, dan nanti diharapkan kerjasama ini tidak hanya perikanan dan kelautan tapi ada OPD terkait lainnya,” katanya.

Berdasarkan hasil diskusi yang dilakukan saat ini, sebut Entus, bahwa dengan sumber daya yang dimiliki oleh UNPAD mengarah pada kerjasama di bidang wisata bahari antara Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) nanti dengan UNPAD. Kemudian juga ada juga yang sudah dilakukan selama ini akan diperbaharui kerjasamanya antara BKPSDM dalam hal pengembangan sumber daya manusia.

”Untuk assessment sebetulnya itu sudah kita lakukan cuma kita perbaharui, dan juga OPD hal ini Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) di Bidang Pendapatan Daerah itu nanti ada beberapa OPD lain yang ikut ksana,” terangnya.

Wadek I Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan UNPAD Bandung Rita Rostika mengatakan, bahwa dari UNPAD yang memang semua insan pendidikan tinggi (dikti) nya itu memiliki darma 3 pertama pendidikan, penelitian dan pengabdian. Pada poin pengabdiannya itu yang membuat pihaknya ingin meningkatkan kebermanfaatan salah satunya berkunjung kesini ke Pemkab Serang.

”Dengan harapan nanti kami selaku insan dikti mampu memberikan banyak informasi atau peningkatan kapasitas, dan hasil penelitian untuk peningkatan kesejahteraan kemakmuran masyarakat Kabupaten Serang,” ujarnya.

Alasan dipilihnya Kabupaten Serang, kata Rita tentunya tidak terlepas dari peran alumni salah satunya Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Serang Soehardjo.

”Terus juga ada beberapa teman yang alumni UNPAD itu merupakan satu potensi untuk lebih mampu, untuk lebih bermanfaat lagi untuk Kabupaten Serang,” tuturnya.(*)

Redaktur: R Fauzi

Reporter: Firo

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here