Warga Binaan Rutan Kelas IIB Pandeglang Divaksinasi

0
113

238 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pandeglang, mengikuti vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini diharapkan, dapat mencegah penyebaran virus Corona di lingkungan Rutan.

Kepala Rutan kelas IIB Pandeglang, Jupri mengatakan, pemberian vaksin kepada ratusan warga binaan dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang dan Kepolisian Resort Pandeglang.

“Hari ini, kami melakukan vaksinasi kepada seluruh Warga Binaan laki-laki dan perempuan yang berjumlah 238 orang, dan untuk petugas kita ada 62 orang. Jadi kegiatan vaksinasi ini juga salah satu program pemerintah juga, baik kepada Warga Binaan, dan juga sebagian diikuti oleh petugas Rutan yang belum melakukan Vaksin. Vaksinasi untuk seluruh warga binaan ini memang perlu dilakukan, mengingat warga binaan berpotensi tak memenuhi Protokol Kesehatan (Prokes) mencegah penyebaran virus Corona. Khususnya dilingkungan Rutan kelas IIB Pandeglang ini, kan mereka berkumpul dalam satu ruang tahanan,” ungkapnya, Selasa (27/7/2021).

Jupri menerangkan, pemberian vaksinasi terhadap ratusan warga binaan tersebut merupakan tahap pertama. Untuk tahap kedua, pihaknya akan tetap bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang.

“Insya Allah dalam waktu 14 hari ke depan, kami akan melaksanakan vaksinasi tahap kedua,. Dan kami juga akan berkoordinasi dengan pihak Dinkes Kabupaten Pandeglang,” katanya.

Ia menyebutkan, jika pihaknya sampai sejauh ini belum mendapatkan adanya Warga Binaan yang mempunyai penyakit penyerta yang bisa menghambat proses vaksinasi.

“Untuk saat ini belum kami temukan adanya Warga Binaan yang mempunyai penyakit bawaan, karena memang sebelumnya kita telah melakukan sosialisasi, apakah mereka (Warga Binaan-red) mempunyai riwayat penyakit,” terang Jupri.

Jupri juga menambahkan, jika Rutan Kelas IIB Pandeglang telah menyediakan ruang isolasi bagi para Warga Binaan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kita juga mempunyai ruangan isolasi, jadi apabila ada Warga Binaan yang terpapar Covid, kita anjurkan untuk menempati ruangan isolasi tersebut selama 14 hari,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Raden Dewi Sri mengatakan, jika pihaknya mendukung program yang dilaksanakan oleh Rutan Kelas IIB Pandeglang, untuk melakukan vaksinasi terhadap Warga Binaan. Karena menurutnya, setiap ruangan di Rutan tersebut dihuni sedikitnya oleh 15 orang.

“Kegiatan yang dilakukan oleh Rutan Pandeglang ini luar biasa ya, karena disetiap ruangan tahanan itu ada sekitar 15 orang. Ini mengkhawatirkan adanya penyebaran virus, karena mereka kan ada kunjungan keluarga. Untuk itu, Karutan mengadakan vaksinasi ini, dan kita dari Dinas Kesehatan mendapatkan dukungan dari Provinsi yaitu kuota untuk Rutan, serta kita membantu untuk tenaga vaksinatornya,” singkat Dewi.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Fauzi

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here