SEKDA Kabupaten Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta menegaskan bahwa ASN harus netral dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Pandeglang yang sebentar lagi akan digelar.

Hal itu dikatakan Fahmi menyusul viralnya video dan foto Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) dan Sekretaris Camat, Kecamatan Menes di Kabupaten Pandeglang yang mempromosikan salah satu pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang.

“Ini menjadi konsekuensi yang harus kita lakukan, karena bagaimanapun kita atau ASN diatur dengan aturan. Kalau mereka nanti dinyatakan melanggar aturan dan ketentuan, kan nanti ada lembaga tersendiri misalnya KASN dan sebagainya,” kata Fahmi, Senin (24/6/2024).

Fahmi menyerahkan sepenuhnya proses tersebut kepada Bawaslu Pandeglang. Ia akan menunggu rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait sanksinya tersebut.

“Sekarang kan sedang berproses di Bawaslu Pandeglang, nanti kita lihat saja hasilnya bagaimana. Yang jelas kami konsekuen apapun kaitan dengan masalah netralitas, tetap harus kita utamakan. Apabila ada rekan-rekan ASN yang terkait masalah pelanggaran, akan kita pelajari bagaimana sanksi dari KASN itu,” terangnya.

Ia berharap, jika pelanggaran yang dilakukan oleh ASN agar tidak terulang kembali. Sebab, pihaknya selalu mengingatkan serta mengimbau agar ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Pandeglang selalu mengutamakan netralitas.

“Kami sudah melaksanakan dan Bupati juga sudah membuat surat edaran ke setiap OPD dan Kecamatan serta Kelurahan, bagaimana kita selaku ASN itu harus bersikap netral. Dan itu harus menjadi hal yang kita laksanakan, karena dari awal sudah kita sampaikan. Dari mulai pesta demokrasi legislatif, sampai sekarang pun juga edaran itu tetap kita laksanakan,” tegas Ali Fahmi.

Sebelumnya diberitakan, bahwa oknum Kadisdukcapil, Didi Mulyadi dan Sekmat Kecamatan Menes, Usep Sudarmana, memegang dan membagikan atribut salah satu Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang yang akan mengikuti kontestasi pada Pilkada 2024 Kabupaten Pandeglang, dengan disertai tulisan “Tenang Bu saya sudah bergerak, Menang, Menang, Menang”. **

Redaktur: Fauzi

Reporter: Asep

Facebook Comments