TOKOH ulama Kabupaten Pandeglang Abuya KH Asep Nafis Bustomi mendapatkan kunjungan silaturahmi dari bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany.

Silaturahmi berlangsung di kediaman pimpinan Ponpes Al Hidayah Cisantri, Pandeglang ini, Pandeglang, Sabtu (15/6/2024) malam.

Silaturahmi penuh kekeluargaan. Banyak pembicaraan lebih fokus pada tujuan bersama yakni pengembangan pesantren salafiah. Pesantren ini dinilai sebagai warisan para ulama dan tempat belajar literasi kitab kuning.

Apalagi banyak para alumni Ponpes Al Hidayah sekaligus murid almarhum Abuya Bustomi yang mendirikan pesantren salafiah di berbagai daerah. Saat ini, pesantren salafi membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah, tanpa banyak beban administrasi.

Usai pertemuan tersebut, Airin mengaku mendapatkan banyak masukan perihal pengembangan pondok pesantren. Menurutnya, pelestarian kitab kuning harus terus dijaga dan pemerintah daerah perlu masuk untuk memberikan dukungan.

“Insya Allah, pengalaman dan masukan dari para ulama bisa menjadi bahan pembangunan daerah ke depan,” ujar mantan walikota Tangerang Selatan dua periode ini.

Menurutnya, Pandeglang adalah kabupaten dengan julukan sejuta santri dan seribu ulama. Airin merasakan betul keramahan dan kesantunan masyarakatnya. “Pemerintah dan ulama harus seiring untuk sama-sama membangun Banten ke depan,” ujarnya.

Sekedar diketahui, Airin punya rencana program beasiswa penghafal Alquran. Dalam visi misi sebagai bakal calon gubernur, Airin pun punya program ‘Santri Inovator’ yang mendorong pemberdayaan dan penguatan ekonomi pesantren.(*)

Redaktur: Fauzi

Reporter: Firo

Facebook Comments