Ali Zamroni Sesalkan Tindakan Kekerasan Terhadap Mahasiswa Disabilitas di Universitas Jambi

0
269

AKSI dugaan kekerasan terhadap penyandang disabilitas yang dilakukan oknum dosen Universitas Jambi mendapat tanggapan serius dari anggota DPR RI, Ali Zamroni.

Politisi Gerindra itu mengaku prihatin dengan kejadian tersebut, pasalnya kampus merupakan tempat belajar dan mengasah potensi diri, bukan malah menjadi tempat kekerasan.

“Saya sangat menyangkan hal seperti ini terjadi. Terlebih peristiwa ini terjadi di lingkungan perguruan tinggi, yang mana semua orang memiliki hak kesamaan dalam mengikuti proses pendidikan, tak terkecuali saudara kita penyandang disabilitas,” kata Ali Zamroni kepada Referensi Berita pada Kamis, 22 Desember 2022.

Ali Zamroni mengatakan, kesamaan kesempatan pendidikan bagi penyandang disabilitas merupakan penyediaan peluang untuk menyalurkan potensi dalam segala aspek penyelenggaraan negara dan masyarakat.

Selain itu, lanjut Ali Zamroni, penyandang disabililitas seharusnya memiliki prioritas lebih, baik prioritas hak dan perlindungan hukum, hak hidup, hak bebas dan stigma dan hak pendidikan, hak perlindungan dari tindakan diskriminasi dan penyiksaan sesuai dengan aturan undang-undang Republik Indonesia Nomor: 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

“Di negara kita ini, semua orang memiliki kesamaan hak, termasuk penyandang disabilitas,” tegas Ali Zamroni.

Diketahui sebelumnya, seorang mahasiswa pendidikan olahraga Universitas Jambi, AW melaporkan perbuatan kekerasan yang dilakukan oleh oknum dosen pembimbing akademiknya ke Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jambi.

Mahasiswa disabilitas tersebut mendapatkan kekerasan, setelah dirinya meminta izin untuk tidak mengikuti ujian akhir semester karena akan mengikuti kejuaan pencak silat di Palembang, Sumatera Selatan.

Redaktur: Dendi S

Reporter: Rizal FauziĀ 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here