KETUA Karang Taruna Provinsi Andika Hazrumy membuka turnamen bola voli Karang Taruna Kabupaten Serang 2024 di lapangan voli Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Jumat 24 Mei 2024. Andika memukul bola servis sebagai tanda dimulainya turnamen berhadiah total Rp 20 juta tersebut.

Dalam sambutannya mantan Wakil Gubernur Banten itu berpesan agar seluruh anggota dan pengurus Karang Taruna di Kabupaten Serang kembali menggelorakan semangat berolahraga, khususnya di kalangan pemuda.

“Olahraga bagi pemuda adalah sesuatu yang vital. Saya berharap Karang Taruna bisa menjadi pelopor dalam mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga,” katanya.

Lebih lanjut Andika mengapresiasi Karang Taruna Kabupaten Serang yang sudah mempelopori menggelorakan olahraga melalui diselenggarakannya turnamen voli tersebut. Hal itu kata dia harus diikuti dan dilanjutkan secara simultan oleh Karang Taruna di tingkat kecamatan hingga desa.

“Ibaratnya (turnamen) ini hanya gong permulaannya saja,kalau langkah ini tidak dilanjutkan oleh struktur (Karang Taruna) di bawahnya gaungnya (menggelorakan olahragfa) tidak akan pernah terdengar,” ujarnya.

Andika yang kini juga tengah ditugasi untuk menjadi bakal calon Bupati Serang oleh partainya yaitu Partai Golkar itu, mengingatkan bahwa peran Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan yang bergerak dibidang sosial sangat relevan dengan misi menggelorakan olahraga. Andika mencontohkan, melalui olahraga, pemuda dapat terhindar dari persoalan sosial mulai dari narkoba hingga pengangguran.

“Selain membuat sehat dan menjauhi narkoba, kalau kemudian menjadi atlet berprestasi kan itu pada gilirannya menjadikannya sebagai sebuah profesi,” katanya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna kabupaten Serang Bahrul Ulum kepada pers mengatakan, turnamen tersebut sengaja digelar pihaknya sejalan dengan arahan Ketua Karang Taruna Provinsi Banten Andika Hazrumy.

“Jadi memang (turnamen voli) ini sudah masuk ke dalam program Karang Taruna Kabupaten Serang hasil rakerda (rapat kerja daerah) yang lalu,” katanya.

Lebih jauh pria yang juga politisi Golkar dan tengah mengemban jabatan sebagai Ketua DPRD Kabupaten Serang itu menambahkan, untuk memulai gerakan tersebut dalam turnamen voli kali ini pihaknya sengaja menggelarnya khusus hanya untuk tim-tim voli kecamatan yang membawa bendera atau dinaungi oleh Karang Taruna kecamatan setempat.

“Jadi pun seandainya Karang Taruna kecamatan ada yang belum punya tim voli, tim voli yang diikut sertakan ke turnamen ini itu tetap harus rekomendasi atau membawa bendera Karang Taruna kecamatan setempat,” paparnya.

Dikatakan Ulum sistem kompetisi tertutup alias tidak terbuka atau open itu sengaja dilakukan pihaknya untuk memaksimalkan upaya menggerakkan pemuda setempat melalui bendera Karang Taruna di wilayahnya. “Makanya ini semua pemainnya harus pemuda yang ber-KTP kecamatan setempat. Tidak ada istilah pemain nge-bon dari luar,” imbuhnya.

Sejalan dengan arahan Ketua Karang taruna Provinsi Banten Andika Hazrumy, Ulum berharap turnamen voli yang digelar pihaknya itu dapat menjadi titik awal menggelindingnya semangat mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga oleh Karang Taruna hingga level kepengurusan terbawah di tingkat desa dan kelurahan.

“Dengan begitu peran sosial sudah dilakukan Karang taruna dari hulunya dengan mencegah persoalan sosial terjadi, alih-alih mengatasi setelah permasalahan tersebut terjadi,” paparnya. (*)

Redaktur: Fauzi

Reporter: Firo

Facebook Comments