BAKAL calon Bupati Serang dari Partai Golkar, Andika Hazrumy, menghadiri Rapat Kerja Nasional atau Rakornas DPP PAN dengan agenda pemenangan Pilkada 2024 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat 10 Mei 2024.

Dalam acara tersebut, Andika bersama ratusan bakal calon kepala daerah atau bacakada yang sudah resmi mendaftar di PAN mendapat pengarahan langsung dari Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas.

“Terima kasih sudah menghadiri undangan kami. Melalui Rakornas ini kami ingin memberi kesan bahwa PAN itu menyenangkan, tidak seram,” kata Zulhas dalam paparannya.

Pernyataan Zulhas itu merujuk kepada acara seremonial yang disuguhkan saat pembukaan memang diwarnai dengan suasana sukacita di mana artis dangdut yang juga kader PAN Bebi Zie tampil membawakan beberapa lagu secara interaktif dengan peserta rakornas.

Selain ingin memberikan kesan menyenangkan, kata Zulhas, PAN juga inggin publik di tamah air tahu bahwa partai berlogo matahari itu sangat mendukung kalangan pemuda dan perempuan.

“Zaman sekarang kita tidak bisa menafikan peran pemuda, kaum milenial. Dan kaum perempuan tentunya,” kata politisi yang juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan tersebut.

Lebih jauh Zulhas meminta agar semua bacakada yang nanti diusung oleh PAN untuk dapat mengambil spirit kebersamaan yang sudah ditunjukkan dalam kontestasi di tingkat Nasional yaitu Pilpres 2024 lalu. Zulhas menyebut Presiden Joko widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang baru saja terpilih pada Pilpres 2024 lalu merupakan role model penerapan politik kebersamaan untuk keutuhan bangsa dan kemajuan Negara.

“Alhamdulillah, kemudian Pak Prabowo di mana kita (PAN) ada di dalamnya (koalisi) berhasil memenangi pilpres. Dan pilpres sekarang sudah usai, mari kita terapkan politik kebersamaan itu di pilkada 27 November (2024) nanti,” paparnya.

Lebih lanjut Zulhas mempersilahkan para bacakada yang menghadiri undangan rakornas tersebut untuk mengurus permintaan rekomendasi sebagai bacakada yang akan diusung PAN pada Pilkada 2024 mendatang.

“Nanati akan kita nilai rekam jejaknya, kita survey elektabilitas dan popularitasnya sebelum akhirnya akan diputuskan (pengusungan oleh PAN),” imbuhnya.

Zulhas mengaku partainya tidak meminta imbalan atas dukungan yang akan diberikan nanti kepada para bacakada. Namun demikian kata dia, satu hal yang harus ditepati oleh para bacakada yang diusung PAN adalah bekerja sebaik mungkin untuk memajukan daerah dan melayani masyarakatnya. “Kami gak minta proyek-proyek apa itu. Tujuan kami adalah bagaimana secara keseluruhan kemenangan kita di PIlkada pada waktunya nanti akan membawa Indonesia menjadi Negara yang maju,” katanya.

Sementara itu, Andika sendiri usai acara kepada pers mengatakan, dirinya siap menerima permintaan dari PAN jika nanti diputuskan dirinya akan ikut diusung oleh PAN pada Pilkada Kabupaten Serang 2024. “Prisipnya kan platform partai kita (PAN dan Golkar) sama, bekerja untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa,” kata Andika.

Lebih lanjut Andika juga mengaku siap mengikuti mekanisme yang berlaku di PAN dalam proses pengusungan yang akan mereka lakukan terhadap para bacakada. “Tentu saja kami akan ikuti prosesnya. Kami akan menghormati mekanisme dan prosedur yang berlaku di PAN dalam memutuskan pengusungan,” katanya. (*)

Redaktur: Dendi S

Reporter: Firo 

Facebook Comments