Anggota DPR RI Minta Seluruh Negara ASEAN Usir Dubes Myanmar

0
93
Foto : Raka/ tuntasmedia.com

AKSI kekejaman tentara Myanmar kepada umat muslim Rohingya membuat banyak pihak geram. Salah satunya anggota Komisi II DPR RI Yandri Susanto. Ia mengecam keras tindakan tersebut, dan meminta negara-negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) untuk mengusir duta besar Myanmar.

“Myanmar bagian dari ASEAN dan Indonesia sebagai anggota, kalau bisa ASEAN menghukum Myanmar. Kalau bisa serentak anggota ASEAN mengusir dubes Myanmar di masing-masing negara,” kata Yandri saat ditemui saat berkunjung ke UIN SMH Banten, Ciceri, Kota Serang, Selasa (5/9/2017).

Yandri menilai, hukuman tersebut pantas diberikan karena apapun alasannya, itu merupakan kejahatan kemanusiaan. “Yang merasa manusia harusnya memiliki nilai kepedulian. Itu harus terpanggil jangan hanya menganggap itu kejadian biasa,” ungkapnya.

Yandri pun sangat menyayangkan, dari lima usulan antara pemerintah Indonesia dan Myanmar hanya satu yang disetujui yaitu membuka jalan bantuan kemanusiaan.

“Sedangkan yang lain belum disepakati. Tapi yang lain belum diakui sebagai bentuk protes. Menurut saya ini memilukan dan menyedihkan. Pemerintah belum tegas. Yang paling nyata itu mengusir dubes Myanmar,” pungkasnya.

Redaktur : R Fauzi
Reporter : Raka

Facebook Comments