KEBAHAGIAAN terlihat dari wajah Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat menghadiri wisuda mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Kamis (21/9/2023). Sebab untuk kedua kali, mahasiswa penerima beasiswa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang sukses mengakhiri pendidikan Vokasi UI.

“Alhamdulillah, ini tahun kedua atau angkatan kedua para mahasiswa penerima beasiswa UI diwisuda. Sebelumnya tahun 2022 diwisuda 13 mahasiswa, dan tahun ini sebanyak tujuh mahasiswa,” kata Tatu dalam siaran pers.

Sekadar diketahui, total dilantik atau diwisuda sebanyak 3.721 orang lulusan dari program sarjana rumpun sosial humaniora dan program pendidikan vokasi. Termasuk diantaranya 7 mahasiswa beasiswa Pemkab Serang. Prosesi dilaksanakan di Balairung UI, Depok, Jawa Barat.

Tatu mengaku bangga dan bahagia karena mahasiswa penerima beasiswa menuai prestasi akademik. Seperti para mahasiswa yang sudah lulus sebelumnya.

“Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK tujuh mahasiswa yang diwisuda semua di atas 3. Bahkan ada empat mahasiswa yang mendapat predikat Cumlaude,” ujarnya.

Penerima beasiswa berpredikat Cumlaude yakni, Adistia Ramdhani Putri dari Program Studi Administrasi Rumah Sakit dengan IPK 3,89, Tuti Alawiyah dari Prodi Akuntansi IPK 3,68, Sheila Oktaviani dari Prodi Akuntansi IPK 3,66, dan Ilfa Nurhasanah dari Prodi Akuntansi IPK 3,63.

“Kami ucapkan terima kasih kepada civitas akademika UI yang telah mendidik anak-anak kami dengan baik,” ujar Tatu.

Tatu meminta para wisudawan penerima beasiswa yang lulus dapat mengabdi kepada masyarakat. “Ilmu yang didapat harus diterapkan langsung di tengah-tengah masyarakat. Sebagian akan mengabdi di fasilitas kesehatan miliki Pemkab Serang, dan mereka harus terus berkomunikasi satu sama lain,” ujarnya.

Turut mendampingi saat wisuda, Kepala Dindikbud Asep Nugrahajaya, Kepala Bappedalitbang Rahmat Maulana, Inspektur Rudi Suhartanto, Kepala BKPSDM Surtaman, Direktur RSDP Rachmat Setiadi, dan pengurus Baznas Kabupaten Serang Rahmat Jaya.

Menurut Kepala Dindikbud Kabuaten Serang Asep Nugrahajaya, total sudah 20 mahasiswa UI penerima beasiswa Pemkab Serang yang diwisuda. Tahun 2022 sebanyak 13 mahasiwa angkatan 2019, dan tahun ini 7 mahasiswa angkatan 2020. Masih ada penerima beasiswa UI yang kuliah, yakni angkatan 2021 sebanyak 6 mahasiswa, angkatan 2022 sebanyak 6 mahasiswa, dan angkatan 2023 sebanyak 7 mahasiswa.

Kata Asep, penerima beasiswa UI tidak hanya digratiskan biaya selama kuliah oleh Pemkab Serang. Namun juga mendapatkan tambahan biaya tinggal dan hidup dari Baznas Kabupaten Serang.

“Alhamdulillah, komitmen Ibu Bupati Serang terhadap pendidikan cukup tinggi. Dan beliau berpesan, program beasiswa perguruan tinggi terus dilanjutkan. Baik di UI, Untirta, dan perguruan tinggi lainnya. Terbaru beasiswa pascasarjana di Institut Teknologi Bandung,” ungkapnya.(*)

Redaktur: Dendi S

Reporter: Firo

Facebook Comments