Di era digital saat ini masyarakat selalu menginginkan pelayanan publik dengan cepat dan mudah berbasiskan android. Selain menghemat biaya waktu dan tenaga juga masyarakat menginginkan keterbukaan informasi publik melalui situs web atau aplikasi.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang, merupakan salah satu instansi yang turut mengembangkan sistem digital bernama Sistem Peruntukan Konfirmasi Tata Ruang ( SIPETARUNG)

Kepala bidang Tata Ruang DPUPR, M. Furqon, mengatan pengembangan aplikasi SIPETARUNG yang sebelumnya adalah situs Web GIS (Geographic Information System). Aplikasi ini dibuat berdasarkanĀ  Perda Kabupaten Serang nomor 5 Tahun 2020, dan perubahan Perda no 10 tahun 2011, tentang rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Serang tahun 2011-2031.”

“SIPETARUNG awalnya hanya berupa situs web dan saat ini sudah menjadi aplikasi yang dapat di download gratis dan di akses dengan mudah oleh semua masyarakat,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (24/08/2022).

Tambah Furqon, manfaat dari SIPETARUNG adalah untuk mencari informasi tata ruang berupa dokumen dan peta atau gambar yang bersifat peneliti, perizinan dan investasi, yang di butuh kan masyarakat juga sebagai sarana informasi publik dan pengawasan masyarakat. Hal tersebut juga merupakan wujud nyata dari misi ke 5 kepala daerah yang tertuang pada RPJMD Kabupaten Serang tahun 2021-2026 yakni meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik serta perlawanan publik yang prima didukung kapasitas birokrasi yang berintegritas, kompeten dan profesional.

“Sipetarung merupakan konsep Tata Ruang Dalam Genggaman, dengan konsep yang menitik beratkan pada citizen centris, user friendly, yang menampilkan konten, fitur dan fungsi yang di butuhkan masyarakat saat ini” Imbuhnya.

Furqon berharapĀ  masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah di sediakan oleh pemerintah salah satunya SIPETARUNG, agar sinergi antara masyarakat dan pemerintahan berjalan harmonis. (Adv)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here