Asik… Polres Pandeglang Sudah Layani Penerbitan Smart SIM

0
83

SAT Lantas Polres Pandeglang mulai meluncurkan Smart SIM atau SIM Pintar. Smart SIM yang multifungsi ini selain fungsi utama sebagai lisensi kemahiran berkendara dan juga mampu mencatat jumlah pelanggaran lalu lintas pemilik SIM serta bisa dijadikan uang elektronik dengan saldo maksimal Rp 2 juta. Nantinya Smart SIM bisa digunakan untuk membayar tol, pembayaran moda transportasi maupun berbelanja.

Kasat Lantas Polres Pandeglang, AKP Tesyar Rhofadli Prayitno menjelaskan, Smart SIM memiliki beberapa keunggulan, seperti untuk pembayaran e-tilang, e-toll, dan lainnya. Dengan adanya chip akan mencatat pelanggaran yang dilakukan pemilik SIM.

“Beberapa hari terakhir ini kami baru mulai. Sebetulnya launching-nya sudah satu bulan yang lalu, namun di sini terkendala teknis, karena jauh atau segala macam. Namun sejak beberapa hari ini kami sudah bisa melaksanakan launching atau memberlakukan Smart SIM di Pandeglang,” kata AKP Tesyar saat ditemui usai peluncuran Smart SIM di Kantor Pelayanan SIM Polres Pandeglang, Senin (28/10/2019) siang.

AKP Tesyar menjelaskan, persyaratan penerbitan Smart SIM sama seperti SIM lama. Kata dia, bagi masyarakat yang sudah memiliki SIM model lama, tidak harus segera diganti dengan Smart SIM. “Tidak harus, jadi masyarakat yang mengetahui Smart SIM ini apabila SIM yang lamanya masih ada itu tidak apa-apa, nunggu habis dulu. Barangkali masih dua atau tiga tahun itu tidak apa-apa, jadi tidak diharuskan mengganti ke Smart SIM,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban mengapresiasi inovasi Smart SIM yang diluncurkan Koprs Lantas Polri.

Ia berharap, dengan adanya Smart SIM ini lebih memudahkan masyarakat untuk beraktivitas di jalan dan Smart SIM merupakan contoh pelayanan baik di Pandeglang.

“Bukan hanya sebagai surat resmi pengemudi, baik mobil maupun motor, tapi bisa juga digunakan dengan hal yang lain. Jadi multifungsi. Jadi ini Smart SIM resmi bisa dipakai untuk tol, bisa dibelanjakan juga. Fungsinya seperti e-toll atau kartu lain yang dikeluarkan oleh bank, jadi multifungsi, tadi juga pelayanannya cepat sekali,” tukasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here