ASN di Lingkungan Setda Pandeglang Ikuti Donor Darah

0
26

PULUHAN Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang sangat antusias mengikuti donor darah.

Kegiatan donor darah tersebut, dilaksanakan di Ruang Pintar Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Pandeglang.

Asisten 1 Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan (PemKesra) Sekretariat Daerah Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, bahwa kegiatan bakti sosial donor darah ini masih dalam rangka peringatan HUT Korpri ke-52 tingkat Kabupaten Pandeglang.

“Kegiatan donor darah ini masih dalam rangkaian HUT Korpri ke-52, bisa kita lihat antusias para pegawai juga sangat luar biasa. Selain itu, ada juga ibu dharma wanita yang ingin ikut serta mendonorkan darahnya. Dan kegiatan ini adalah inisiasi dari Ketua KORPRI Kabupaten Pandeglang yang sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang, bapak Ali Fahmi Sumanta,” katanya, Rabu (20/12/2023).

Menurutnya, kegiatan donor darah ini penting untuk dilakukan secara rutin agar membantu menjaga ketersediaan stok darah di Bank Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang.

“Donor darah ini penting untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, insyaallah kita akan rutinkan pertiga bulan sekali di Sekretariat Daerah Kabupaten Pandeglang,” terang Doni.

Sementara, salah seorang petugas dari PMI Kabupaten Pandeglang, Erin Rahmatikasari menyebut, jika kegiatan tersebut baru pertama kali dilaksanakan dilingkungan Setda Kabupaten Pandeglang.

“Untuk pertama kalinya hari ini ada kegiatan donor darah di Setda Kabupaten Pandeglang, mudah-mudahan kegiatan seperti akan terus berlanjut dan kita sangat mengapresiasi. Karena memang kesadaran masyarakat dalam hal mendonorkan darahnya itu masih sangat kurang, jadi dengan adanya kegiatan ini sebagai perangsang untuk masyarakat agar bisa berdonor darah,” ungkapnya.

“Selain membantu kepada pasien, donor darah juga bermanfaat bagi si pendonornya sendiri. Dan hari ini ada sebanyak 20 orang lebih yang mengikutinya, serta ada juga beberapa yang ditolak karena beberapa faktor, misalnya dari tekanan darah, kadar Hemoglobin nya tinggi, ada yang konsumsi obat, serta yang perempuan ada yang dalam masa menstruasi,” ujar Erin.

Erin menyebut, jika stok darah yang tersedia di PMI Kabupaten Pandeglang masih stabil. Namun, kata dia, untuk stok darah pada golongan A masih sangat kurang.

“Kalau untuk stok darah, bisa dikatakan cukup. Namun untuk darah golongan darah A sangat kurang, karena banyak pasien di Rumah Sakit yang memakai golongan darah tersebut,” imbuhnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here