Audit Sampling Panwascam Pulosari Pada Pilkada Pandeglang 2020 Abaikan Protokol Kesehatan

0
244

BEREDAR foto petugas Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pulosari yang tengah melakukan audit sampling door to door dukungan bapaslon jalur perseorangan pada Pilkada Pandeglang 2020 kepada masyarakat dengan tidak menggunakan alat perlindungan diri (APD) yang lengkap seperti yang tercantum dalam Surat Edaran Bawaslu RI Nomor: 0207/ K. Bawaslu/TU.00.01/VI/2020 tentang Standardisasi Alat Pelindung Diri (APD) Protokol Kesehatan Covid-19 di Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa, dan Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTSP), Dalam Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Dalam foto yang tersebar di media sosial itu petugas hanya menggunakan masker sebagai APD yang digunakan saat melakukan audit.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyadi mengatakan, pihaknya akan mengingatkan setiap anggota baik panwaslu kecamatan, kelurahan/desa, agar lebih meningkatkan protokol kesehatan saat melakukan tugas.

“Kita akan ingatkan biar mengikuti protokol Covid-19. Itu juga demi kesehatan dan keselamat mereka juga,” kata Ade, saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Selasa (30/06/2020).

Ade menegaska, bahwa terkait APD sudah diberikan kepada petugas Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Pandeglang, agar protokol kesehatan diterapkan saat melakukan tugas.

“Sudah dikirim ke semua panwascam, ada masker, penutup wajah, masker, sama alat cuci tangan,” pungkasnya.

Ditekahui, sebanyak 175 Panwaslu Kecamatan tersebar di 35 kecamatan se Kabupaten Pandeglang, dengan 5 orang petugas di setiap kecamatan.

Dikutip dalam SE Bawaslu tersebut menyebutkan, bahwa setiap Kantor Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, wajib menyediakan, masker, alat pengukur suhu tubuh, alat pelindung wajah, akses sarana cuci tangan beserta sabun cuci tangan, sarung tangan plastik sekali pakai, hand sanitizer, dan vitamin penambah daya tahan tubuh.

Selain itu, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/ Desa, pada tahapan verifikasi faktual calon perseorangan dan penelitian calon perseorangan, tahapan pengawasan logistik dan pendistribusian, tahapan kampenye, rekapitulasi penghitungan suara, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa hasil pemilihan wajib menggunakan alat perlindungan diri berupa, masker, sabun cuci tangan, sarung tangan plastik sekali pakai, pelindung wajah.

Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/ Desa, pada tahapan verifikasi faktual calon perseorangan dan penelitian calon perseorangan, tahapan pengawasan logistik dan pendistribusian, tahapan kampenye, selain menggunakan alat perlindungan diri juga melakukan pemeriksaan rapid test.

Pengawasan tempat pemungutan suara (PTPS) selain menggunakan alat perlindungan diri sebelum tahapan pemungutan dan penghitungan suara juga melakukan pemeriksaan rapid test.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here