Bawaslu Pandeglang Cegah Politik Uang Melalui Gakkumdu

0
143

BAWASLU Kabupaten Pandeglang berencana membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu). Tim ini dibentuk untuk menangani tindak pidana Pemilu. Salah satunya, mencegah praktik bagi-bagi uang dari pasangan calon pada Pilkada Pandeglang 2020.

Ketua Bawaslu Pandeglang Ade Mulyadi mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari Bawaslu RI menangani pembentukan Sentra Gakkumdu.

“Kami masih menunggu arahan dan surat edaran dari Bawaslu pusat. Nah kalau sudah ada informasi pasti kita bentuk, karena kemarin kami baru rapat koordinasi di tingkat nasional,” kata Ade, ditemui dalam acara penguatan media informasi Bawaslu di salah satu hotel di Kabupaten Pandeglang, Senin (24/02/2020).

Ade memastikan, dalam waktu dekat tim Gakkumdu segera dibentuk. Tim ini terdiri dari Bawaslu, Polres Pandeglang dan Kejaksaan Negeri Pandeglang. Dikatakannya, bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan Kejari Pandeglang, tidak hanya itu pihaknya juga sudah bersurat meminta personel untuk mengawasi tahapan Pilkada.

“Mudah-mudahan minggu-minggu ini tim Gakkumdu sudah terbentuk. Gakkumdu ini ada unsur dari kejaksaan, kepolisian, dan Bawaslu,” terangnya..

Ia menjelaskan, tim Gakkumdu bertugas untuk melakukan penanganan pelanggaran pidana Pemilu atau Pilkada sesuai laporan yang diterima Bawaslu dari masyarakat.

“Tugas Gakkumdu menerima aduan dan laporan pidana, seperti mani politik, ada ancaman dari calon kepada masyarakat dan lainnya,” ujarnya.

Ade menilai, berdasarkan hasil pemetaan pada Pemilu tahun-tahun sebelumnya, Pandeglang rawan terjadinya politik uang. Ade meminta masyarakat untuk melaporkan kepada Bawaslu ketika menemukan pasangan calon membagikan uang pada saat proses kampanye.

“Untuk di kita biasanya seperti pemilu sebelumnya, aduan yang masuk itu mani politik. Kami imbau masyarakat jangan tergiur dengan uang dan bisa melaporkan kepada kami jika memang ada salah satu pasangan calon memberikan imbalan atau uang,” jelasnya.

Sementara itu, Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Pandeglang Fauzi Ilham menyebutkan, akan mengawasi munculnya politik uang di Pilkada Pandeglang bekerjasama dengan Gakkumdu. Iajuga berharap Pilkada Kabupaten Pandeglang berjalan aman dan lancar, dan tidak ada pelanggaran.

“Sentra Gakkumdu ini nanti yang menangani kasus dugaan pelanggaran pemilu. Dengan adanya Gakkumdu diharapkan dapat lebih meminimalisir pelanggaran pemilu. Kalau memang nanti ada laporan dari masyarakat akan langsung kami tindaklanjuti,” pungkasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here