Bawaslu Harapkan Sinergritas Insan Pers, Ormas dan OKP

0
58

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang menggelar diskusi penguatan media informasi dengan berbagai insan pers dan berbagai OKP. Agenda tersebut digelar untuk menguatkan pengawasan menjelang pemilihan kepaa daerah (Pilkada) di Kabupaten Pandeglang.

Ketua pelaksana kegiatan, Yudi mengatakan, dengan digelarnya kegiatan tersebut untuk menambah sinergitas antara media internal Bawaslu secara kelembagaan dengan media eksternal yang ada di Pandeglang, agar penyelenggaraan Pilkada yang akan digelar bisa berjalan dengan lancar.

“Kali ini kita menggelar kegiatan penguatan media informasi, yaitu melibatkan unsur media yang ada di Pandeglang, organisasi kemahasiswaan dan pemuda (OKP), organisasi masyarakat (Ormas), tentunya untuk menguatkan sinergitas antar lembaga,” katanya, di Hotel Horison Altama Pandeglang, Senin (24/02/2020).

Ditempat sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyadi mengatakan, dirinya menilai peran media untuk pengawasan Pilkada yang akan datang sangat penting, karena media dapat memberikan informasi yang akurat dan terpecaya kepada masyarakat.

“Yang paling penting adalah penguatan media, apabila media itu memberikan informasi dengan memberitakan yang baik, maka citra lembaga juga akan baik, begitu juga sebaliknya, apabila media memberitakan informasi yang kurang baik kepada lembaga, citra lembaga tersebut akan menjadi buruk, ini yang menjadi peran penting media, dalam memberikan informasi,” tutur Ade.

Ade berharap, informasi yang di sajikan oleh insan media mengenai pencegahan dapat tersampaikan kepada masyrakat, sehingga masyarakat dapat memahami mengenai apa yang dilarang dan sanksi terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi.

“Media sangat trategis karena dapat menyampaikan pesan-pesan dari penyelenggara sampai ke target yaitu masyrakat,” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Provinsi Banten, Ali Faisal mengatakan, dirinya menilai peran media cukup besar dalam mengawal berjalannya proses Pilkada ke depan, media bisa membangun opini, bisa menggiring opini masyarakat bagaiamana Pilkada tersebut seolah menjadi pertaruhan yang cukup berarti bagi pembangunan yang ada di Pandeglang.

“Dengan adanya Bawaslu, pilkada tersebut tentunya akan berjalan sesuai dengan koridor yang seharusnya dijalankan oleh Bawaslu, adapun peran media di sini juga bisa menimbulkan dampak yang luar biasa untuk mendorong peningkatan angka partisipasi pemilih dengan memberitakan yang baik,” singkatnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here