Belasan Tahun Dibiarkan Rusak, Warga di Pandeglang Swadaya Perbaiki Jalan Antar Kabupaten

0
28

MASYARAKAT Desa Cinoyong, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, gotong royong memperbaiki jalan secara swadaya. Mereka melakukan hal itu lantaran sudah 18 tahun infrastruktur di wilayah mereka tak tersentuh pembangunan sehingga kondisinya rusak parah.

Salah satu warga Desa Cinoyong, Riandi mengatakan, jalan berstatus milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang itu sudah lama tidak tersentuh pembangunan. Padahal, lanjutnya, Desa yang menjadi perbatasan dengan Kabupaten Serang ini merupakan jalur strategis untuk perekonomian.

Ia mengaku, memperbaiki jalan dan tanjakan rusak ini berawal dari banyaknya kendaraan yang terjatuh karena akses jalan yang buruk. Selain itu, banyaknya keluhan warga dan wisatawan yang berkunjung terkait kondisi jalan yang rusak.

“Ya kita kemarin melakukan aksi kecil-kecilan swadaya masyarakat berupa penambalan jalan dimana status jalan tersebut jalan kabupaten Pandeglang. Inisiasi pertama itu dikarenakan ada mobil colt diesel membawa kayu terjatuh. Dari situ kita timbul pemikiran untuk melakukan swadaya jalan yang akhirnya kita sekalian melakukan aksi kecil-kecilan,” kata dia, Senin (13/05).

Ia menerangkan, jalan menuju Desa Cinoyong kondisinya rusak parah. Padahal disana terdapat potensi dari pertanian. Selain itu terdapat destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, diantaranya Curug Leuwi Putih.

“Perlu kita ketahui untuk Cinoyong itu banyak sumber alam terutama itu di wisata. Kita disini ada 5 destinasi wisata disini tapi jalan belum pernah terjamah oleh pemerintah kabupaten Pandeglang. Sudah hampir 18 tahun Cinoyong belum pernah merasakan pembangunan,” terangnya.

Ia menerangkan, jalan Bengras-Kawoyang sebelumnya telah dilakukan pembangunan oleh Pemkab Pandeglang. Namun untuk Desa Cinoyong belum terakomodir khususnya Bengras-Pasir Gandu kurang lebih 3 sampai 4 kilometer serta 1 titik tanjakan yang mengalami kerusakan parah yakni tanjakan kihiyang.

“Wisatawan yang kesini banyak yang jatuh. Salah satu alasan mereka kapok untuk berwisata ke Cinoyong itu ya tetep jalan. Makanya kita meminta dengan sangat kepada ibu Bupati tolong lirik dan bangun jalan kabupaten menuju Cinoyong,” imbuhnya.

Adapun dana yang terkumpul dari masyarakat ini dibelikan bahan material oleh warga. Tidak sedikit pula pemilik toko bangunan yang menyumbangkan semen untuk mendukung kegiatan tersebut.

Ia mengaku masyarakat disana kompak dalam kegiatan gotong royong ini. Aksi swadaya ini akan terus dilakukan masyarakat sambil mengharapkan adanya pembangunan yang dilakukan Pemkab Pandeglang.

Redaktur : Fauzi
Reporter : Jamal

Facebook Comments