Satlantas Bersama Dishub Pandeglang Uji Kelayakan Kendaraan Umum

0
33

SATUAN Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pandeglang, Polda Banten, bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang, mengecek armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan seluruh Angkutan Umum di Terminal Kadubanen, Senin (13/5/2024).

Pemeriksaan laik jalan angkutan umum tersebut, menitikberatkan pada pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan, peralatan kendaraan, kondisi kendaraan seperti fungsi rem, spion, dan ban, serta alat pendukung lainnya.

Kasatlantas Polres Pandeglang, AKP Fery Oktaviari Pratama mengatakan, bahwa pengecekan ini dilakukan untuk melihat kesiapan kendaraan angkutan umum yang akan digunakan mengangkut penumpang.

“Pengecekan kendaraan bus dan kendaraan angkutan lainnya ini dilakukan, untuk menjamin kendaraan tersebut layak jalan dan siap digunakan. Selain itu, untuk meminimalisir angka kecelakaan lalulintas agar tidak membahayakan pengemudi, penumpang, dan pengendara lainnya,” katanya.

Menurutnya, kegiatan bersama antara polisi dengan petugas Dishub tersebut sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan prima kepada penumpang.

“Hasil pemeriksaan yang kami lakukan bersama Dishub Pandeglang tadi, tidak ditemukan adanya pelanggaran pada bus saat pengecekan. Seluruh bus dan angkutan lainnya yang diperiksa, dinyatakan layak jalan dan siap untuk mengangkut penumpang. Dan jika ada kendaraan yang tidak layak jalan, maka kami sarankan atau memberi himbauan agar jangan dipaksakan berjalan,” ungkap Fery.

Fery menegaskan, bahwa sasaran pengecekan kelayakan kendaraan meliputi kelengkapan surat-surat, sertifikat masa uji KIR, kondisi ban bus, dan kesehatan para sopir maupun kru bus.

“Jika nanti kami menemukan adanya pelanggaran, maka akan kami tindak dengan melakukan tilang. Dan jika diperlukan penahanan kendaraan, maka akan kami lakukan penahanan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang, Arif Mahmud menegaskan, jika cek kelayakan kendaraan juga dilangsungkan pula bagi seluruh kendaraan angkutan umum.

“Hari ini, kami dari Dishub Pandeglang bersama Satlantas Polres Pandeglang melakukan uji kelayakan kendaraan khususnya kendaraan umum atau PO bus. Kami juga memberikan edukasi, jika masih ada yang kekurangan untuk segera perbaiki,” singkatnya.

Redaktur : Fauzi
Reporter : Asep

Facebook Comments