BAKAL calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany mendapatkan pujian dari para petinggi Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Banten. Pujian tersebut disampaikan ketika Airin menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon gubernur ke Kantor DPW PAN Banten, Jalan Raya Taktakan, Kota Serang, Senin (6/5/2024).

Ketua DPW PAN Provinsi Banten, Syafrudin mengaku sangat mengenal Airin ketika dirinya masih menjabat walikota Serang. Kemudian Airin telah dua periode menjadi walikota Tangsel. “Saya sudah kenal Ibu Airin, banyak prestasi yang diperoleh,” ujar Syafrudin di depan para wartawan.

Apalagi menurut Syafrudin, Airin pernah memimpin Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Jabatan tersebut dinilai membanggakan bagi para walikota dan masyarakat Provinsi Banten. “Se-Indonesia, ketua APEKSI ini jadi rebutan. Sudah sewajarnya, sudah layak menduduki gubernur. Insya Allah ini,” ujar Syafrudin.

Ia mengungkapkan, PAN memperoleh 7 kursi di DPRD Banten sehingga bisa membulatkan pencalonan Airin di Pilkada Banten. Sebab menurutnya, Golkar sudah memperoleh 14 kursi, sehingga jika ditambahkan dengan PAN, total 21 kursi, melebihi syarat pencalonan 20 kursi. “Jadi PAN ini sebagai kunci,” ujarnya.

DPW PAN Banten, kata Syafrudin, diperintahkan untuk melakukan proses penjaringan calon kepala daerah. Para bakal calon yang mendaftar, harus mengikuti mekanisme yang sudah ditetapkan oleh PAN. Kemudian pada tahap akhir, keputusan dukungan berada di tangan pimpinan pusat atau DPP PAN.

“Saya yakin Ibu Airin sudah komunikasi dengan DPP PAN. Mudah-mudahan, kita berdoa, 27 November mendapatkan amanah, Ibu Airin menjadi Gubernur Banten,” ujar Syafurdin.

Pujian juga disampaikan Sekretaris DPW PAN Banten, Eten Hilman. “Insya Allah, Ibu Airin calon terkuat. Hari ini, kami semua hadir lengkap pengurus PAN Banten untuk menyambut Ibu Airin,” ujar Eten.

Sementara itu, Airin mengaku punya sejarah panjang dengan PAN. “Pada tahun 2016, PAN adalah partai politik yang pertama mengusung saya menjadi walikota Tangsel, dengan dinamika saat itu. Bismillah, saya berharap, PAN menjadi bagian dari saya di Pilkada Banten,” ujarnya.

Airin kembali menyampaikan pesan kebersamaan kepada PAN Banten. Kata dia, proses pendaftaran maupun komunikasi dirinya ke semua partai politik, bukan dalam rangka membentuk koalisi besar. Namun menurutnya, pembangunan Banten ke depan butuh kebersamaan dari partai politik yang memiliki kursi di DPRD Banten.

“Tidak hanya saat pencalonan, jika insya Allah ketika diberi amanah menjadi gubernur Banten, PAN juga punya fraksi di DPRD Banten. Saya berharap, kita bisa bersama dan bekerja bersama-sama. Dalam rangka memberikan manfaat, maslahat, dan selamat dunia akhirat,” ujarnya. (*)

Redaktur: Dendi S

Reporter: Firo

Facebook Comments