BEBERAPA warga Kota Serang mengeluhkan pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang yang mewajibkan pengurusan data kependudukan dengan menggunakan map warna hijau.

Doni, warga kecamatan Serang, mengaku diwajibkan oleh tenaga keamanan untuk melampirkan berkas perubahan kependudukan dengan memakai map warna hijau dan mengarahkan untuk membeli ke penjual di halaman kantor pelayanan Disdukcapil.

“Saya datang menggunakan map coklat tapi suruh diganti dengan menggunakan warna hijau,” keluhannya.

Selain itu, ia juga mengeluhkan antrean yang sangat panjang dan menghabiskan waktu terlalu lama.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Disdukcapil Kota Serang, Dinar Tricahuani mengaku tidak pernah mewajibkan warga yang mengurus data-data kependudukan dengan menggunakan map warna hijau. Ia berjanji akan menindak tegas para pelaku pungli dan calo yang ada di Disdukcapil.

“Kita tidak pernah menganjurkan map dengan warna khusus. Map warna apa saja bebas agar terlihat lebih rapi saja. Di sini pelayanan semua gratis dan tidak jika ada oknum pungli silahkan laporkan bisa melalui whatsapp, QR-barcode, dan situs sosial media Disdukcapil Kota Serang,” tegasnya saat di temui di ruangan.

Serupa dikatakan Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Herry Suswanto. Menurutnya pelayanan Disdukcapil sudah sesuai SOP yang berlaku, hanya jumlah antrean pemohon yang terlalu banyak.

“Maksimal pelayanan per-orang itu 50 menit, yang lama itu jumlah pemohon atau antrian perhari itu bisa sampai 400 lebih,” ujarnya.

Saat ini, sambungnya, Disdukcapil Kota Serang akan menerapkan KTP digital.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Apay Supardi mengatakan sudah dapat arahan Dirtjen Dukcapil untuk menyediakan e-KTP digital.

“Untuk perekaman KTP digital bisa kita lakukan dan kita terbitkan sesuai keperluan hanya belum menyeluruh dikarenakan belum mendapat arahan dari Dirtjen,” jelasnya.

Redaktur: Rizal Fauzi

Reporter: Fery Alfondro 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here