Disewa Selama Tiga Bulan, Wisma PKPRI Pandeglang Jadi Rumah Isolasi Pasien OTG

0
47

PEMKAB Pandeglang menyewa Wisma Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) sebagai rumah isolasi untuk pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 dengan harga Rp 180 juta selama tiga bulan. Wisma PKP-RI Pandeglang, yang terdiri dari 24 kamar ini dapat menampung sebanyak 98 pasien OTG Covid-19.

“Iya betul, mulai hari ini, Wisma PKPRI Pandeglang akan kita jadikan tempat isolasi bagi pasien dengan status OTG covid-19,” ucap PJS Bupati Pandeglang, Gunawan Suminto, usai peresmian, Rabu (14/10/2020).

Gunawan juga menuturkan, dipilihnya tempat tersebut sebagai rumah isolasi pasien OTG Covid-19, karena Wisma PKPRI Pandeglang terletak di pinggir jalan nasional, sehingga memudahkan akses keluar masuk petugas saat mengevakuasi pasien. Selain itu, menurutnya daya tampung PKPRI dinilai cukup memadai.

“Kalau untuk tahap awal, nanti satu kamar diperuntukkan satu orang pasien. Karena, Wisma PKPRI Pandeglang punya kamar VIP 10 unit, 2 spring bed per kamar dan dilengkapi TV serta AC. Untuk kamar standar ada 23 unit, 4 tempat tidur per kamar, plus kipas angin,” terangnya.

Gunawan berharap, warga sekitar tidak perlu khawatir akan tertular. Karena, yang menjalani isolasi di Wisma PKPRI Pandeglang nanti akan dijaga ketat dan tidak bebas keluar masuk. Selain itu, petugas yang sudah dilengkapi alat pelindung diri akan ditempatkan di gedung tersebut dan menyiapkan kebutuhan makanan bagi pasien OTG Covid-19.

“Masyarakat juga nanti tidak perlu cemas, karena petugas akan menjaga ketat tempat tersebut,” singkatnya.

Ia menyatakan, saat ini peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Pandeglang masih terus terjadi. Meski penambahan datanya masih lambat, namun Pemkab Pandeglang tetap harus mempersiapkan skenario-skenario penanganan yang lebih baik.

“Saat ini juga, OPD dan masyarakat sedang melakukan tes swab. Jika nanti ada yang positif dan berstatus OTG dari hasil swab tersebut, maka akan diisolasi ke Wisma PKPRI. Apalagi, kata dia, isolasi mandiri yang dilakukan warga dinilai belum optimal,” pungkasnya.

Sementara itu, bidang kesehatan dan penegakan disiplin kesehatan Satgas covid 19 Kabupaten Pandeglang, Ramadhani mengatakan, rumah yang dipakai untuk tempat isolasi ini adalah Wisma PKPRI yang berlokasi di Kecamatan Majasari. Pemkab Pandeglang menyewa wisma ini selama tiga bulan ke depan hingga Desember.

“Sistemnya sewa, ada tidak ada yang masuk ke tempat isolasi tetap dihitung durasinya dengan semua fasiliitas yang ada disini,” jelasnya.

Menurut Ramadani, daya tampung wisma PKPRI ini ada 32 kamar dengan kapasitas dua tempat tidur. Untuk mekanisme dalam pengelolaan, kata dia mengadop dari wisma Atlit dan akan dikenakan sistem piket oleh petugas medis, BPBD, dan Satpol PP.

Ia juga menuturkan, semua masyarakat yang terkonfirmasi covid dan OTG bisa diisolasi disini dengan ketentuan harus ada pengantar dari Puskesmas, jika sudah selesai nanti Dinkes yang mengeluarkan surat selesai isolasi.

“Ada dua shift mulai dari jam 08:00 -20:00 WIB dan jam 20:00 – 08:00, petugas medis akan melakukan pengecekan kesehatan setiap hari bagi para OTG,” tandasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here