Dishub Pandeglang Patok Tarif Parkir di Lingkungan Terminal, Ini Penjelasan Bapenda

0
950

DINAS Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang kembali mengeluarkan kebijakan barunya. Yang mana kini giliran pemberlakuan tarif parkir dilingkungan terminal Kadubanen.

Pemberian tarif parkir itu berlaku bagi semua jenis kendaraan yang berhenti di kawasan terminal Kadubanen. Anehnya, khusus kendaraan truk atau bus, pemberian tiket parkir dilakukan saat kendaraan akan keluar terminal, termasuk pemberian tiket parkir. Sedangkan bagi kendaraan roda dua, tidak berlaku.

Kepala Dishub Kabupaten Pandeglang Rudiyanto mengakui pihaknya memberlakukan penarikan parkir bagi setiap kendaraan yang berhenti didalam kawasan terminal Kadubanen. Kebijakan itu sebagaimana tertuang dalam Perda Kabupaten Pandeglang Nomor 4 tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

“Iya ada penarikan retribusi parkir didalam kawasan terminal. Kan penarikan itu juga ada perdanya, jadi kita enggak sembarangan dalam menerapkan kebijakan di terminal Kadubanen,” katanya, Kamis (4/4/2024).

Rudiyanto mengaku, pihaknya juga mengeluarkan tiket atau karcis parkir sebagai bukti bahwa kegiatan yang dilakukannya tidak bertentangan dengan aturan, bahkan sudah disetujui oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

“Iya itu juga ada karcisnya, yang ngeluarin karcis itu dari Bapenda, jadi kita berikan tiket parkir buat kendaraan yang berhenti didalam kawasan terminal,” katanya.

Menyikapi hal itu, Bapenda Kabupaten Pandeglang mengakui tidak pernah mengeluarkan tiket parkir didalam kawasan terminal Kadubanen, selain itu Bagian Hukum Setda Kabupaten Pandeglang juga menegaskan bahwa tidak boleh ada penarikan parkir didalam kawasan terminal Kadubaben.

Kepala Bapenda Kabupaten Pandeglang Ramadani membantah apabila pihaknya mengeluarkan tiket parkir didalam kawasan terminal Kadubanen. Oleh karena, kewenangan itu sepenuhnya ada di instansi terkait selaku pihak yang bertanggung jawab.

“Retribusi parkir di terminal OPD pengelolanya Dinas Perhubungan, kalau Bapenda hanya mengelola pajak daerah. Untuk retribusi daerah itu ada OPD pengelolanya masing-masing, mereka yang mencetak karcis retribusi sesuai kewenangannya dan Bapenda melakukan porporasi atas karcis retribusi yang mereka cetak sebelum digunakan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Pandeglang Muryanto menegaskan bahwa tidak dibenarkan adanya penarikan retribusi parkir didalam kawasan terminal Kadubanen, karena tidak ada sarana dan prasarana penunjangnya.

“Sepengetahuan saya, didalam terminal Kadubanen itu enggak ada penarikan retribusi parkir. Pertama karena memang tidak ada lahan khusus parkir didalamnya, dan tidak ada juga parkir tepi jalan didalamnya,” katanya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here