DPKP Kabupaten Pandeglang Pastikan Stok Beras Aman Sampai April 2024

0
133

DINAS Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang memastikan, stok beras di Kabupaten Pandeglang aman setidaknya untuk 6 bulan ke depan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, M Nasir Daud.

“Stok beras Kabupaten Pandeglang yang tersimpan di Bulog sampai saat ini,ada sekitar 8 ribu ton. Dan kami pastikan aman sampai dengan bulan April 2024 mendatang,” katanya, Jum’at (10/11/2023).

“Meskipun kita kemarin terkena dampak dari elnino, namun kita terus melakukan langkah-langkah seperti berkoordinasi dengan pusat sebagai tim gerakan El Nino, dengan provinsi. Dan mereka langsung turun dengan membawa pompa, dan sumur pantek. Namun, ada beberapa daerah yang tidak bisa diselamatkan dari kekeringan, karena airnya asin dan juga panas,” sambung Nasir.

Nasir menyebut, jika ada sebanyak ratusan hektar sawah yang terkena puso. Namun, kata dia, sebagian besar telah mengasuransikan sawahnya sehingga bisa mendapatkan pergantian kerugian.

“365 hektar yang terkena puso, tapi alhamdulillah dari 365 hektar yang terkena puso itu ada 79 hektar yang tidak bisa diselamatkan. Karena sisanya itu ikut asuransi usaha tani, jadi sekarang dalam proses pencairan atau ganti rugi,” ungkap Nasir.

Nasir menerangkan, jika pihaknya berupaya membantu para petani yang tidak mengasuransikan sawahnya dengan memberikan bantuan benih.

“Dari 79 hektar itu, kita akan memberikan bantuan kepada petani dengan memberikan benih unggul,” ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments