DPMPTSP Pandeglang Jamin Keamanan Investasi Dan Permudah Perijinan Bagi Para Investor

0
73

INVESTASI yang semakin mudah, dapat menjadi percepatan pemulihan ekonomi. Hal itu disadari benar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang. Berbagai inovasi digulirkan, untuk makin menciptakan iklim yang kondusif untuk berinvestasi.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Penanaman Modal Satu Pintu (DPMPTSP), Ali Fahmi Sumanta menjelaskan, bahwa dilihat dari kondisi geografis, Kabupaten Pandeglang berada di posisi strategis untuk berinvestasi dan sebagai penunjang perekonomian nasional. Selain itu, dirinya meyakinkan kepada investor, bahwa Kabupaten Pandeglang merupakan tempat yang tepat untuk menanamkan investasi.

“Luasnya wilayah Kabupaten Pandeglang, menjadi sebuah peluang tersendiri untuk para pelaku usaha atau investor untuk melakukan kegiatan usaha. Terlebih, setelah ditetapkannya Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 2 Tahun 2020 tentang RTRW, dimana peruntukan ruang untuk kegiatan investasi sangat tersedia,” ungkap Ali Fahmi Sumanta kepada Tuntas Media, Senin (12/12/2022).

Dikatakan Fahmi, jika di Kabupaten Pandeglang sangat berpotensi bagi para pengusaha untuk bisa mengembangkan investasinya. Karena kata dia, Kabupaten Pandeglang memiliki berbagai sektor unggulan.

“Jenis investasi potensial untuk kegiatan investasi terdiri dari sektor budidaya, produk pendukung, jasa pendukung, penyediaan sarana produksi, pemasaran atau perdagangan, serta industri pengolahan. Dimana kegiatan usaha tersebut, merupakan bagian dari sektor unggulan Kabupaten Pandeglang diantaranya sektor pertanian, perikanan, pariwisata dan industri,” terang Fahmi.

Selain itu, Fahmi menyebut, bahwa Pemkab Pandeglang telah berusaha menciptakan terobosan untuk membuka jalan bagi para investor besar dengan membangun kawasan industri di 5 Kecamatan.

“Terobosan lain yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang adalah membuka peluang investasi untuk investasi industri klasifikasi besar yang berlokasi di 5 Kecamatan. Kecamatan tersebut yaitu, Kecamatan Cibitung, Cikeusik, Bojong, Pagelaran dan Sukaresmi,” katanya.

“Selain itu, telah disiapkan juga beberapa peluang investasi dalam bentuk project ready to over yang diantaranya, pelabuhan perikanan Cikeusik, industri pengolahan beras premium, industri pengolahan porang dan beneng, dan KEK Tanjung Lesung yaitu, Eco Luxury 5 Star Hotel dan Bodur Beach,” sambung Fahmi.

Fahmi menerangkan, jika Bupati dan Wakil Pandeglang telah melaksanakan program Jakamantul (Jalan Kabupaten Mantap Betul-red) untuk memudahkan para investor dalam mengirimkan produk-produknya.

“Semua kegiatan tersebut didukung oleh infrastruktur yang telah terbangun, dan yang saat ini sedang dibangun. Mulai dari jaringan jalan Nasional, Kabupaten, dan tol Serang-Panimbang yang direncanakan full operasional tahun 2023, jaringan energi listrik PLTU Labuan-PLTU Rawadano, Gardu Induk yang berada di Kecamatan Saketi, Menes, dan Kawasan Tanjung Lesung, Sumber Daya Air, serta jaringan telekomunikasi,” ujarnya.

Sementara itu, Analis Kebijakan Penanaman Modal pada DPMPTSP Kabupaten Pandeglang, Tedy Fauzi Rahmat menuturkan, jika Pemkab Pandeglang telah memberikan kemudahan fasilitas kepada para investor.

“Sebagai penunjang kemudahan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, telah menyiapkan fasilitas pelayanan publik yang terintegrasi melalui Mall Pelayanan Publik,” singkatnya.(ADV)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here