Dukung PJJ, Tiap Koramil di Pandeglang Sediakan Wifi Gratis

0
118

DI tengah pandemi Covid-19, proses belajar mengajar dengan penerapan sistem pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ), menjadi pilihan otoritas pendidikan Indonesia. Belajar dengan memanfaatkan jaringan internet bukan tanpa masalah, tidal sedikit siswa yang kesulitan untuk membeli kuota internet atau siswa yang berada di wilayah tidak terjangkau jaringan internet.

Menyikapi hal tersebut, Kodim 0601/ Pandeglang bersama seluruh jajaran Koramil menyediakan wifi dan tempat tempat belajat secara gratis bagi siswa yang kesulitan dalam melakukan PJJ. Salah satunya dilakukan oleh
Koramil 0103/Banjar.

Danramil 0103/Banjar, Kapten (Inf) A. H. Mulyana mengatakan, kegiatan ini sudah berjalan selama satu pekan. Pihaknya mengharapkan fasilitas wifi gratis ini menjadi solusi bagi siswa siswi yang kesulitan akses internet, serta meringankan beban para orang tua di desa masing masing terutama dalam menghadapi pembelajaran daring atau online. Selain itu, hal tersebut juga untuk mencegah adanya kejahatan, seperti pencurian dan perampasan ponsel.

“Fasilitas wifi gratis yang disediakan merupakan bentuk dukungan dari TNI terhadap dunia pendidikan. Fasilitas wifi gratis ini dapat dimanfaatkan oleh pelajar seluruh jenjang pendidikan yang ada di wilayah Koramil 0103/Banjar,” kata Mulyana, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/08/2020).

Wifi gratis ini dibuka setiap hari dari pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Siswa bergantian setiap dua jam sekali dengan jumlah siswa yang diperbolehkan hanya 15 orang. Serta menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Bagi siswa yang jaraknya jauh atau tidak memiliki kendaraan, pihaknya akan menjemput siswa tersebut.

“Dan tentunya kegiatan belajar online tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan, dan waktunya sendiri kita mulai dari pukul 08.00 pagi, sampai pukul 16.00 sore,” terangnya.

Pihak Koramil juga melakukan pendampingan serta pengawasan langsung kepada siswa, agar penerapan sistem pembelajaran daring dapat dimanfaatkan dengan baik.

“kita selalu pantau siswa yang sedang dari, karena takut siswa tersebut bukan belajar akan tetapi malah membukan situs atau bermain game,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu siswa SMKN 1 Pandeglang, Jennar mengaku senang dengan adanya wifi gratis ini. Karena dapat membantu proses pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19. Sebelumnya ia merasa kesulitan dengan proses pembelajaran secara daik, baik dari materi maupun sulitnya akses internet di wilayahnya.

“Alhamdulillah bisa terbantu dengan adanya wifi di Koramil ini, saya sanget senang karena proses pembelajaran daring saya bisa lancar tanpa adanya hambatan. Soalnya sinyal di kampung saya susah, dan Alhamdulillah tidak perlu beli kouta internet,” pungkasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here