WAKIL Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa meresmikan Gedung Pusat Informasi Pariwisata atau PIP Kabupaten Serang di Desa/Kecamatan Anyar. Diharapkan para wisatawan bisa mengetahui dan mengunjungi destinasi objek wisata di Kabupaten Serang, bukan hanya wisata pantai Anyar dan Cinangka.

Pandji Tirtayasa mengatakan bahwa PIP sebagai jendelanya pariwisata di Kabupaten Serang, sehingga wisatawan yang akan datang ke Kabupaten Serang dari jauh harus sudah mengetahui apa yang di miliki Kabupaten Serang. Jelasnya lokasi destinasi wisatanya dimana saja, objek wisata, dan dimana lokasi destinasi kesenian tradisionalnya.

“Termasuk juga informasi hotel yang ada di Kabupaten Serang, tarif hotel, rumah sakit, dan SPBU yang ada di Serang ini semua harus menjadi atau tersaji informasinya di PIP melalui digital,”ujarnya melalui keterangan tertulisnya di siarkan Diskominfosatik pada Senin 5 Desember 2022.

Kata Pandji, informasi versi digital harus dilengkapi dan disiapkan hanya dengan membuat alamat website yang hanya butuh sarana prasarananya komputer dan internet saja. “Tentunya dengan kapasitas yang memadai untuk bisa menginformasikan apapun objek wisata yang ada di Kabupaten Serang termasuk juga harus jual melalui YouTube, Instagram dan media sosial lainnya,”ucapnya.

Seperti pada saat pembukaan, jelas Pandji, dengan menampilkan seni beladiri pencak silat di rekam dan di tampilkan di medsos youTube ditambah judul dengan narasi yang menarik. Oleh karenanya, bukan hanya tempat wisata pantai Anyar Cinangka saja, tapi seluruh tempat wisata yang ada di Kabupaten Serang.

“Karena ini Pusat Informasi Pariwisata Kabupaten Serang termasuk yang Cinangka, wisata desa termasuk Bendung Pamarayan itu di informasikan disini,” terangnya.

Sedangkan secara non digitalnya Pandji berharap harap ini menjadi panggung terbuka bagi wisatawan, maka pihaknya menyarankan untuk setiap malam minggu ada tampilan objek wisata yang di miliki Kabupaten Serang yaitu seni tradisional apakah itu debus, pencak silat. Dengan demikian pihaknya juga menyarankan mengundang pihak hotel-hotel yang ada di Anyar dan Cinangka.

“Tentunya nanti harapan saya seni tradisional itu harus di kemas dengan modern baik dalam dialog, kostum harus terlihat modern, dan kalau perlu dengan dialog-dialog di campur dengan bahasa Inggris kalau turis ada dari luar,” katanya.

Dijelaskan Pandji, dengan di pusatkan nya PIP Kabupaten Serang di Desa/Kecamatan Anyar karena masyarakat tujuan wisatanya lebih dominan ke wisata Pantai Anyar walaupun objek wisatanya tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Serang. Akan tetapi orang lebih dominan mengunjungi Anyar-Cinangka karena untuk menikmati suasana pantai.

“Makanya ketika dia masuk ke Anyar kita suguhkan agar wisatawan tahu tentang objek wisata di Kabupaten Serang bukan hanya Anyar-Cinangka. Disini lah nanti akan menginformasikan tentang objek-objek wisata atau kekayaan atau potensi, aset wisata Kabupaten Serang yang bisa di kunjungi oleh para wisatawan, ”tuturnya.

Peresmian Gedung Pusat Informasi Kabupaten Serang di Desa/Kecamatan Anyer dilaksanakan pada Jum’at, 2 Desember 2022. Turut hadir Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar), Anas Dwi Satya Prasadya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Epi Priatna, Kepala DKBP3A, Tarkul Wasyit, sejumlah Anggota DPRD, para camat dan unsur Muspika Kecamatan Anyar.

Kepala Disporapar Kabupaten Serang Anas Dwi Satya Prasadya mengatakan Gedung PIP Kabupaten Serang dibangun sejak Tahun 2019, namun baru di di resmikan dan di fungsikan akhir Tahun 2022 lantaran adanya pandemi covid-19. Dia berharap PIP yang baru di launching penggunaan atau pemanfaatannya warga menjadi tahu terutama wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Serang.

“Sehingga dengan adanya PIP orang yang akan berkunjung ke bisa mengetahui destinasi wisata di Kabupaten Serang. Kita juga sudha koordinasi dengan Diskominfosatik untuk membuat website PIP tentang pariwisata, mudah-mudahan itu bisa kita kelola dikerjasamakan dengan melalui websitenya (wisatawan) bisa tahu tentang destinasi se Kabupaten Serang,” ujarnya

Lebih lanjut Anas berharap pada awal kebangkitan pariwisata di Anyar-Cinangka dan se Kabupaten Serang paska covid-19 dengan adanya PIP bisa menambah destinasi wisata baru, sehingga orang tidak hanya berkunjung ke hotel sekarang weekend hanya sabtu-minggu mudah mudahan bisa bertambah harinya bisa weekday.

“Harapan kami pemberdayaan masyarakat baik pelaku UMKM, Ekraf dan juga pemberdayaan masyarakat sadar wisata dari mulai kebersihan, keamanan, ketertiban semua kita jaga bersama,” ajak Anas.(*)

Redaktur: Rizal Fauzi

Reporter: Firoh

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here