Kasus Positif Covid-19 Bertambah, Gugus Tugas Pandeglang Nyatakan Terjadi Transmisi Lokal di Carita

0
665

JURU Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pandeglang, Achmad Sulaiman menyatakan, telah terjadi transmisi lokal penyebaran Covid-19 di Kecamatan Carita. Hal tersebut merujuk kembali ditemukannya kasus satu positif Covid-19 yang merupakan anggota keluarga PDP meninggal dunia asal Carita pada 4 April lalu di RSUD Banten.

Satu pekan yang lalu, sambung Sulaiman, pihaknya sempat turun ke Kecamatan Carita untuk melakukan tes swab terhadap keluarga pasien PDP yang meninggal dunia. Dari sembilan anggota keluarga yang dilakukan tes swab, baru satu yang hasilnya diketahui, yakni positif Covid-19. Setelah dilakukan pemantauan dalam beberapa hari terakhir, ternyata pasien menunjukkan gejala mencurigakan ke arah Covid-19. “Karena itu Tim Gugus memutuskan untuk merujuk pasien tersebut ke RSUD Banten,” pungkasnya.

Atas peristiwa ini pihaknya mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan selalu mengikuti arahan dari pemerintah agar semua bisa terhindar dari Covid-19.
Selain terjadi penambahan kasus positif Covid-19, pada 27 April lalu dilaporkan satu orang dalam pemantauan (ODP) asal Kecamatan Carita, berusia 15 tahun dengan jenis kelamin perempuan, meninggal dunia di RSU Berkah Pandeglang.

“Kemarin sore kami sempat menerima laporan bahwa ada ODP asal Kecamatan Carita yang meninggal di RSU Berkah. Laporannya kami terima sekitar pukul 17.30 pada 27 April dan memang benar, pasien ini adalah pasien ODP yang tercatat sejak 21 April 2020,” ujar Achmad Sulaiman, melalui keterangan pers yang diterima wartawan, Selasa (28/04/2020) petang.

Dijelaskan, walaupun ODP ini tidak pernah beraktifitas ke luar Pandeglang, tetap oleh Tim Gugus Tugas dimasukan dalam katagori ODP. Sebab, pasien tersebut sempat kontak cukup lama dengan ODP lainnya, yakni anggota keluarga.

“Oleh karena itu Tim Gugus Tugas Kecamatan Carita kembali memeriksa ke kediaman almarhumah dan melakukan rapid test terhadap tiga anggota keluarganya. Untuk selanjutnya Tim Gugus Kecamatan Carita dan Kabupaten Pandeglang akan terus memantau perkembangan dari penanganan Covid-19 di Kecamatan Carita,” bebernya.

Redaktur : D Sudrajat
Reporter : Ari

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here