Kepala Distan Pandeglang Minta Pelayanan Puskeswan Lebih Ditingkatkan

0
346

KEPALA Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang, Budi S. Januardi minta pelayanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Kadupereng lebih ditingkatkan.

Salah satu upaya yang harus ditingkatkan adalah dengan menggencarkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga informasi dan pesan pelayanan yang disediakan di Puskeswan mudah diakses oleh pemilik hewan ternak dan hewan kesayangan.

Hal tersebut disampaikan Kadistan Pandeglang saat mengunjungi UPT Puskeswan di Kadupereng, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, Jumat (31/01/2020).

Budi S Januardi menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Pandeglang Nomor: 27 Tahun 2018, tugas UPT Puskeswan adalah melaksanakan tugas teknis operasional dalam bidang kesehatan hewan. Sehingga diharapkan pelayanan Puskeswan dapat menunjang kinerja program kegiatan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang khususnya di bidang pelayanan kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner.

“Intinya pelayanan Puskeswan harus mudah diakses dan dipercaya sehingga masyarakat mau memanfaatkan pelayanan, pemberian, dan pelaksanaan aspek penyehatan hewan,” kata Budi, melalui siaran pers yang diterima wartawan.

Untuk mendapatkan pelayanan di Puskeswan, dia menegaskan, masyarakat harus mengetahui keberadaan Puskeswan. Begitu pula pelayanan apa saja yang diberikan oleh dokter hewan di fasilitas Puskeswan.

Kepala UPT Puskeswan Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang, Ade Setiawan mengatakan, pihaknya komitmen bekerja keras untuk lebih meningkatkan pelayanan Puskeswan sesuai arahan Kadistan Pandeglang.

“Kita juga berupaya penuhi target pelayanan kesehatan hewan yang sudah ditetapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang,” ujar Ade.

Dijelaskan Ade, Puskeswan memberikan pelayanan aspek kesehatan hewan, di antaranya peningkatan kesehatan dalam bentuk pemberian suplemen gizi untuk peningkatan produksi dan produktivitas hewan.

“Kami juga melayani vaksinasi dan pelayanan medis reproduksi hewan, maupun penyembuhan penyakit meliputi pemeriksaan, diagnosa, dan pengobatan,” sambungnya.

Ditambahkan, tahun lalu Puskeswan telah memberikan pelayanan terhadap 1.805 ekor hewan ternak dan hewan kesayangan di wilayah Kabupaten Pandeglang.

Paling banyak yang dilayani yakni unggas 1.351 ekor, kucing 146 ekor, domba 105 ekor, kerbau 80 ekor, kelinci 48 ekor, kambing 42 ekor, sapi 32 ekor, dan seekor anjing. “Mudah-mudahan tahun 2020 ini bisa lebih meningkat lagi pelayanan Puskeswan,” harapnya.

Redaktur : D Sudrajat
Reporter : Ari

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here