Keren, Pemkab Pandeglang Lima Kali Berturut-turut Raih Opini WTP dari BPK Banten

0
44
Bupati Pandeglang, Irna Narulita, saat menghadiri penyerahan LHP di Kantor BPK RI Perwakilan Banten, Kota Serang, Senin (10/05/2020).(Humas dan Protokol Setda Pandeglang)

LAPORAN Hasil Pemeriksaan (LHP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, Provinsi Banten, kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2020 yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Banten. Opini WTP atas LKPD ini menjadi yang kelima secara berturut-turut yang diterima Pemkab Pandeglang di bawah kepemimpinan Irna Narulita-Tanto Warsono Arban.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengungkapkan, laporan keuangan pemerintah daerah yang disajikan sudah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah.
“Yang kita harapkan laporan keuangan ini terus disajikan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah. Alhamdulillah kita kembali raih WTP untuk LKPD Tahun 2020,” ujar Irna Narulita, usai acara penyerahan LHP di Kantor BPK RI Perwakilan Banten, Kota Serang, Senin (10/05/2020).
Menurutnya, capaian ini merupakan hasil kerja seluruh aparatur pemerintah di Kabupaten Pandeglang. “Ini hasil kerja bersama semua OPD, kami ucapkan terimakasih semoga penyajian laporan keuangan terus lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang, Tb Udi Juhdi mengapresiasi, atas LHP yang diterima Pemkab Pandeglang dari BPK RI Perwakilan Banten. “Ini yang kelima kalinya dari sejak tahun 2016-2020, artinya laporan yang disajikan sesuai standar akuntansi,” ujarnya.
Dikatakan Udi, walaupun sudah lima kali meraih WTP, bukan berarti tidak ada temuan yang sifatnya administratif. Untuk itu, kata Udi, BPK terus melakukan pendampingan kepada Pemkab Pandeglang khususnya OPD strategis. “Koreksi ini akan memberikan masukan, sehingga dapat lebih baik,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Pandeglang, Iskandar mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah berupaya untuk menyajikan pelaporan yang sesuai standar akuntansi nasional. “Kita upayakan semaksimal mungkin, sehingga sesuai standar dan kewajarannya bisa diterima,” ungkapnya.

Dalam sambutannya Kepala BPK RI Perwakilan Banten, Arman Syifa mengatakan, tahun ini seluruh kabupaten dan kota di Banten mendapatkan opini WTP atas LKPD Tahun 2020. “Tahun ini kami berikan opini WTP untuk semua kabupaten dan kota. Kami ucapkan terima kasih, mudah mudahan terus ditingkatkan baik SPI maupun kepatuhannya, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih,” tandasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Dendi

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here