MAHASISWA dan pelajar memiliki kedekatan yang tinggi dengan tradisi intelektual. Kedekatan intelektual tersebut dibuktikan dengan seberapa tinggi tradisi membaca dan menulis di kalangan mereka.

Sebagai upaya mendekatkan mahasiswa dan pelajar tersebut, Lembaga Riset dan Keilmuan Sultan Abu’l Mafakhir Institute (SAMI) menggelar lomba penulisan artikel untuk pelajar dan mahasiswa se Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Direktur SAMI, Mufti Ali menjelaskan, lomba menulis merupakan salah satu program yang digagas lembaganya untuk meningkatkan tradisi intelektual dikalangan pelajar dan mahasiswa.

“SAMI ingin mendorong minat membaca dan menulis siswa dan mahasiswa Pandeglang. Kemampuan membaca buku-buku, memperoleh ide darinya dan menuangkannya ke dalam tulisan, sangat penting untuk melatih kemampuan berpikir mereka,” kata Mufti Ali, Sabtu, (1/5/2021).

Lebih lanjut, kata Mufti, kemampuan ini akan mendatangkan banyak manfaat untuk hidup yang lebih luas. Terlebih lagi, panitia sudah menyiapkan hadiah puluhan juta rupiah untuk para pemenang.

“Oleh karena itu saya atas nama panitia mengucapkan terimakasih kepada Bapak U Saefudin Noer, yang sudah mensponsori lomba ini dan telah menempatkan intelektualisme di tempat yang terhormat,” kata dosen UIN SMH Banten yang menyelesaikan S2 dan S3-nya di Leiden University Belanda tersebut.

Senada diungkapkan panitia sekaligus peneliti di SAMI, Ade Jaya Suryani. Ia mengatakan bahwa tujuan lomba tersebut selain sebagai rangkaian memperingati hari buku nasional, juga untuk meningkatkan minat membaca dan menulis masyarakat Pandeglang.

“Temanya; Bagaimana Kita, Urang Pandeglang, Menghadapi Tantangan Zaman ke Depan. Judulnya bebas. Pesertanya tentu saja adalah pelajar dan mahasiswa Pandeglang, dibuktikan dengan KTP atau kartu pelajar,” kata lelaki kelahiran Cibaliung yang baru saja menyelesaikan doktoralnya di negeri kincir angin tersebut.

Untuk teknis, kata Ade, pengiriman karya peserta dari Maret hingga 20 April 2021 kemarin. Saat ini dewan juri sudah menetapkan 20 besar 70 naskah yang masuk. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Buku Nasional pada 17 Mei 2021.

“Juara 1 sampai 3 akan diumumkan pada 17 Mei 2021. Saat ini kami sedang melakukan editing 20 naskah terbaik untuk kemudian diterbitkan menjadi buku,” tutur Ade.

Redaktur: Dendi S

Reporter: Fauzi

 

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here