Ketua MUI Banten Wafat, Sejumlah Pelayat Datangi Rumah Duka

0
45

KETUA Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten, KH Tb. Hamdi Ma’ani, wafat setibanya di Bandara King Abdul Aziz, Arab Saudi, saat hendak melaksanakan ibadah haji.

Dari pantauan di lokasi, sejumlah pelayat dari berbagai kalangan ulama dan tokoh penting lainnya berdatangan ke rumah duka di kediaman KH Tb. Hamdi Ma’ani.

Ahmad Shal Mahfud, anak dari almarhum KH Tb. Hamdi Ma’ani, mengungkapkan bahwa almarhum berangkat pada Kamis dini hari.

“Beliau berangkat jam satu malam, tiba di bandara jam 6 pagi, dan mulai masuk imigrasi jam 9. Pesawatnya take off jam 12 siang,” ungkapnya, Jumat 7 Juni 2024.

Setibanya di Bandara King Abdul Aziz, almarhum sempat mandi, bersih-bersih, dan makan sebelum melaksanakan salat berjamaah. “Setelah salat berjamaah, almarhum ke kamar hotel untuk mengambil sesuatu. Namun, beliau tak kunjung kembali. Ketika disusul, beliau ditemukan sudah pingsan,” ujarnya.

KH Tb. Hamdi Ma’ani segera dilarikan ke rumah sakit setempat. Namun, dokter menyatakan beliau telah meninggal dunia sekitar pukul 23.30 WIB atau 03.30 waktu Indonesia.

“Hasil musyawarah keluarga, setelah konsultasi dengan pihak Arab Saudi, kami sepakat dan ikhlas untuk memakamkan almarhum di Arab Saudi,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan bahwa salat gaib akan segera dilaksanakan untuk mendoakan almarhum. “Bagi masyarakat dan sahabat yang mengenal KH Tb. Hamdi Ma’ani, mohon doakan dan laksanakan salat gaib di masjid-masjid daerah masing-masing,” pintanya.

“Para santri, para kiyai, dan semua pondok pesantren, mohon doanya dan maafkan segala salah dan khilaf almarhum,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Telah berpulang ke Rahmatullah, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten KH Tb Hamdi Ma’ani Rusydi dalam perjalanan menjalankan ibadah haji.

Menurut informasi di WhatsApp grup MUI Banten, KH Hamdi wafat pada hari Jumat, 7 Juni 2024 WIB (Waktu Jeddah Saudi Arabia) dalam perjalanan menunaikan Ibadah Haji Tahun 1445 H/2024 M.

Informasi wafatnya KH Hamdi dibenarkan oleh Sekretaris Umum MUI Banten Endang Saeful Anwar.

“Betul, Abah Hamdi sudah tiada. Mohon dimaafkan dan disampaikan kepada masyarakat,” ungkap Endang saat dikonfirmasi, Jumat, 7 Juni 2024.

Menurut informasi, KH Hamdi meninggal setelah mengalami gangguan kesehatan dalam perjalanan menjalankan ibadah haji. Ia mengalami sesak napas dan sempat akan dibawa ke rumah sakit di Jeddah.

Informasi KH Hamdi wafat juga disampaikan oleh Akhmad Jajuli,
Komisi Hubungan Luar Negeri
dan Kerjasama Internasional
MUI Provinsi Banten.

Sebagian diketahui, KH Tb Hamdi Ma’ani terpilih sebagai ketua umum MUI Provinsi Banten pada Musyawarah Daerah V MUI Provinsi Banten pada 4 Desember 2021 di Graha Widya Bhakti Puspitek Serpong, Tangerang Selatan.

Pemilihan dilakukan oleh tim formatur sebanyak 13 orang, terdiri atas ketua umum dan sekretaris umum MUI demisioner, Dewan Pertimbangan, PW Nahdlatul Ulama Banten, PW Muhammadiyah Banten, PW Mathla’ul Anwar Banten, FSPP Banten (perwakilan pesantren), UIN Banten (perwakilan perguruan tinggi), MUI Kota Serang, MUI Pandeglang, MUI Tangsel, MUI Kabupaten Serang, dan MUI Kota Tangerang.

Selain sebagai ketua umum MUI Banten, sehari-hari KH Hamdi sebagai Pimpinan Perguruan dan Pondok Pesantren Mathlaul Anwar Linahdlatil Ulama (MALNU) dan Ketua Umum Pengurus Besar MALNU.

Redaktur : Fauzi

Facebook Comments