SERANG- Komisi V DPRD Provinsi Banten gelar rapat pleno Raperda tentang Pemajuan Kebudayaan Daerah, Selasa (27/02/23).

Rapat pleno ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi V Dr. Yeremia Mendrofa dengan dihadiri oleh Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Banten Hadi Prawoto, Kepala Bidang Kebudayaan Dindikbud Dendi Hamandani, beserta anggota pansus Raperda dan jajarannya.

Disampaikan oleh Sekretaris Komisi V Dede Rohana Putra, Perda Pemajuan Kebudayaan merupakan inisiasi Komisi V DPRD Provinsi Banten, yang dibentuk bertujuan agar nilai-nilai kebudayaan yang ada di Provinsi Banten dapat berkontribusi terhadap budaya nasional maupun peradaban dunia.

“Tujuan utama dari pembentukan Perda ini agar nilai-nilai kebudayaan yang ada di Provinsi Banten bisa berkontribusi terhadap budaya nasional maupun peradaban dunia. Kita sadar bahwa kita harus memiliki jati diri dan kepribadian, dengan demikian kebudayaan bisa mempersatukan dan menjaga kesatuan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dede Rohana menjelaskan, bahwa kebudayaan sebagai jati diri dan ciri khas suatu daerah menjadi salah satu bagian yang mampu menggerakkan ekonomi suatu daerah, sehingga dengan demikian adanya Perda ini diharapkan dapat membawa kemajuan di Provinsi Banten.

“Kita juga berharap Perda ini bisa melahirkan sebuah kegiatan ekonomi kedepannya, seperti yang kita ketahui banyak orang Indonesia atau bahkan orang luar negeri datang ke suatu daerah untuk berwisata dan ingin melihat kebudayaannya, mudah mudahan dengan adanya Perda ini kebudayan kita bisa lebih maju dan menjadi penggerak ekonomi, bukan hanya karena industrialisasi tapi karena nilai-ilai kebudayaan kita yang maju,” jelasnya.

Dalam rapat pleno ini semua Fraksi telah menyetujui Raperda Pemajuan Kebudayaan sehingga untuk selanjutnya Raperda ini akan di sahkan menjuadi Peraturan Daerah dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Banten mendatang. (ADV)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here