PIMPINAN Pusat Kesatuan Perempuan Partai Golkar (PP KPPG) meluncurkan sekaligus membedah buku ‘Kiprah Srikandi Partai Golkar di Parlemen’ dalam rangkaian. Buku tersebut diluncurkan dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Tahun KPPG yang berlangsung di Graha DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Minggu (23/6/2024).

Dalam acara peluncuran tersebut, Ketua Pimpinan Pusat (PP) KPPG Airin Rachmi Diany mengungkapkan, selama kepemimpinan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, kader perempuan Partai Golkar terfasilitasi untuk terus tumbuh secara pemikiran.

Bahkan, kata Airin, secara organisatoris Partai Golkar memiliki budaya egaliter. Mendorong semua kader yang memiliki potensi untuk maju dan mengambil peran yang signifikan. Buku ini mengisahkan tentang perjalanan karier dan kinerja politikus perempuan Partai Golkar selama di parlemen periode 2019-2024.

“Semangat yang sama, lahir dalam pergerakan PP KPPG. Siapa pun yang memiliki ide kreatif akan kita dorong sepenuhnya sampai ide tersebut terwujud. Salah satunya ide kolaboratif mengenai buku Kiprah Srikandi Partai Golkar di Parlemen,” ujar Airin.

Airin juga menyampaikan apresiasi kepada tim PP KPPG, seluruh Srikandi Partai Golkar dan Tim Golkarpedia yang telah merampungkan buku ini. Apalagi, lanjut Airin, buku ini di-launching bertepatan dengan perayaan puncak HUT ke-22 KPPG.

“Ini merupakan momentum kebangkitan pemikiran kader perempuan Partai Golkar. Dalam waktu yang tidak terlampau lama buku ini bisa terbit dan sudah berada di tangan kita hari ini,” ungkapnya.

Dalam prosesnya, buku ini memotret peranan kader Partai Golkar dalam memperjuangkan hak kaum perempuan, yang output-nya dalam berbagai bentuk legislasi.

“Perlu kita ingat, hakikat dibentuknya partai adalah untuk mencapai tujuan Bersama. Partai sebagai Lembaga yang mengagregasi aspirasi publik tentu penuh dengan dinamika yang menarik. Dan ini membutuhkan kepiwaian pengetahuan, hari ini kita berada di momentum tersebut,” kata Airin.

Dikatakan Airin, penerbitan buku ini diharapkan bisa menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan budaya literasi bagi semua pihak.

“Membaca dan menulis akan melahirkan budaya literasi yang baik. Ini akan memberikan dampak yang positif bagi Partai Golkar untuk terus membaca. Selain itu, mengkaji berbagai pengalaman sehingga berguna untuk pengayaan pengetahuan kita selama di Partai Golkar,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa mengatakan, sebagai organisasi sayap Partai Golkar, KPPG memiliki peran krusial dalam memperjuangkan peningkatan keterwakilan perempuan di parlemen. Erwin pun mengapresiasi peluncuruan buku ‘Kiprah Srikandi Partai Golkar di Parlemen’.

“KPPG tentu memiliki kekuatan menyumbangkan kader-kader perempuan di parlemen yang akan berkiprah dalam periode berikutnya. Saya harap untuk bisa memberikan sumbangsih kepada partai dan Negara,” pungkasnya.

Kegiatan bedah buku ini turut dihadiri sebagai pembicara yaitu Pemimpin Umum Golkarpedia Achmad Annama Chayat, Peneliti Cakra Wikara Anna Marget, Peneliti Perludem Titi Anggraini, Senior perempuan Golkar Dewi Asmara, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Anggota XI DPR RI Puteri Komoradin, dan sejumlah pengurus KPPG tingkat pusat hingga daerah. (*)

Redaktur: Fauzi

Reporter: Firo

Facebook Comments