Lantik Pengurus Akumindo Pandeglang, Ikhsan : Akumindo Pandeglang Harus Menjadi Penopang UMKM

0
412

ASOSIASI Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia (Akumindo) gelar pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Akumindo Kabupaten Pandeglang, yang dilaksanakan di Hotel Horizon Altama Pandeglang, Rabu (5/1/2022).

Ketua Umum DPP Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Pusat, Ikhsan Ingratubun menyampaikan, saat ini sekitar 88% usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sudah kembali pulih kegiatan usahanya. Seiring kasus penyebaran Covid-19 yang mulai bisa dikendalikan, sektor UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia juga kembali menggeliat.

“Pemerintah mampu mengatasi Covid-19 di Indonesia dengan tingkat vaksinasi yang cukup besar, yang akhirnya mengarah pada kebijakan PPKM, itu sangat berpengaruh pada bangkitnya pemulihan ekonomi, terutama dari sektor UMKM. Kami mencatat sekitar 87% sampai 88% sudah terjadi kenaikan pada saat ini,” katanya.

Ikhsan menambahkan, selain konsumsi masyarakat, UMKM juga menjadi faktor penting dalam mendorong perekonomian Indonesia. Bahkan sebelum pandemi, UMKM mampu memberikan kontribusi 60% ke produk domestik bruto (PDB), dan 99% ke penyerapan tenaga kerja. Untuk bisa kembali mencapai prestasi tersebut, menurutnya perlu ada sinergi atau kolaborasi yang kuat dalam mendukung pengembangan UMKM.

“Perlu ada kolaborasi pembekalan dan peningkatan SDM. Karena ada pandemi, semua mengarah ke interaksi digital. Dari perubahan ini, perlu ada penyesuaian-penyesuaian di dalam peningkatan SDM. Selanjutnya, peningkatan pelayanan pemberian modal kerja bagi UMKM,” ucapnya.

“Asosiasi ini diharapkan dapat sebagai payung dan penopang pelaku usaha kecil menengah (UKM). Kita harus bisa membantu mengoptimalkan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Pandeglang, agar bisa naik kelas,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua DPC Akumindo Kabupaten Pandeglang, Aep Saepudin menuturkan, jika Asosiasi ini juga sebagai mitra Pemerintah dalam memajukan UMKM di Kabupaten Pandeglang.

“Sebagai mitra pemerintah, kita turut memberikan langkah-langkah pemberdayaan pada masyarakat. Dengan harapan, UMKM di Kabupaten Pandeglang semakin maju. Banyak potensi dan ada ribuan UMKM di Pandeglang, dan pelaku UMKM harus kita dorong dan kita kembangkan. Dengan resminya dilantik pengurus UMKM Kabupaten Pandeglang, ini menjadi momentum strategis buat kami untuk mengembangkan dan sekaligus meningkatkan UMKM dan wirausaha baru di Kabupaten Pandeglang,” singkatnya.

Sementara, Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang diwakili oleh Asisten Daerah III, Kurnia Satriawan dalam acara tersebut menyampaikan selamat serta berterima kasih kepada Akumindo yang telah membentuk lembaganya di Kabupaten Pandeglang sampai di tingkat Kelurahan.

“Selamat kepada bapak Aep Saepudin, yang baru saja dilantik sebagai Ketua DPC Akumindo Kabupaten Pandeglang. Mudah-mudahan, ini bisa menjadi wadah berbagi pengalaman bagi pelaku UMKM-UMKM yang ada di Kabupaten Pandeglang, dan bisa menjadi mitra pemerintah daerah,” tutur Kurnia.

Kurnia juga berharap, dengan adanya wadah ini, para pelaku UMKM bisa ikut bergabung dan melakukan sharing knowledge seputar UMKM. Sehingga, bisa berkembang bersama memajukan UMKM di Kabupaten Pandeglang.

“Saya harap dengan sharing knowledge, mereka nantinya bisa saling support untuk berkembang dari mikro, kecil, menengah, hingga menjadi perusahaan besar yang bisa menjadi kebanggaan di Kabupaten Pandeglang,” ungkapnya.

Redaktur : S. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here